HeadlineNews

Pemerintah Aceh Undang Rekanan Tandatangani Kontrak Proyek APBA 2019

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Aceh telah menetapkan 1.373 paket dengan nilai Rp3,46 triliun Program Strategis dalam APBA 2019. Penandatanganan kontrak dilakukan langsung oleh para rekanan atau mitra kerja yang disaksikan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Rabu, 24 April 2019.

“Penandatanganan kontrak ini kita lakukan secara terbuka guna mendukung terciptanya sistem transparansi dan akuntabilitas dalam pembangunan Aceh. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui dan ambil bagian dalam mengawal setiap program yang berjalan, demi terwujudnya good governance dan clean government di daerah kita,” ujar Plt Gubernur Aceh saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Nova mengatakan Pemerintah Aceh mengajak masyarakat dan dunia usaha, yang memenuhi syarat, untuk terlibat dalam pengerjaan proyek tersebut. Hari ini, kata Nova, setelah 74 hari pengesahan APBA 2019 telah ditetapkan pemenang atas 318 paket proyek, yang nilainya berkisar Rp645 miliar.

“Hari ini kita menyaksikan penandatanganan proyek tahap I paket terpilih, dan selanjutnya akan dilanjutkan di SKPA masing-masing. Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap publik, hari ini kita mengundang pelaku usaha yang terlibat pengerjaan paket tersebut untuk menandatangani kontrak kerja secara terbuka di depan publik,” tambah Nova.

Nova berharap seluruh tahapan pengadaan barang/jasa dapat dituntaskan pada akhir Juni 2019, sehingga manfaatnya bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Lebih lanjut, Nova meminta beberapa hal kepada para rekanan atau mitra kerja yang memenangkan tender. Pertama, para rekanan/mitra kerja diminta untuk berupaya menyelesaikan pekerjaan dengan penuh amanah dan jujur.

Selanjutnya, para rekanan juga diminta untuk tidak melakukan kebiasaan buruk yaitu menarik uang muka lalu menjual proyek kepada orang lain. Nova juga mengigatkan para rekanan agar setiap proyek yang dikerjakan turut memasang plang proyek dan papan arah sesuai dengan standar.

Tak hanya itu, Nova juga meminta kepada jajaran SKPA dan BPBJ/Pokja untuk meningkatkan serta mempertahakan stamina kerja. Dia juga meminta jajaran SKPA untuk menuntaskan seluruh tahapan pada akhir Juni 2019, sesuai target. “Segera dilakukan persiapan proyek tahap dua,” kata Nova.

Dalam kesempatan itu, Nova juga meminta seluruh elemen masyarakat termasuk ormas, LSM dan media untuk memantau secara bersama-sama pelaksanaan proyek APBA 2019.

“Agar dalam pelaksanaan tidak terjadi penyimpangan,” katanya.

Menurut Nova pemantauan ini tentunya mendorong mitra kerja pemerintah untuk bersikap profesional, “sehingga hasil akhir yang diperoleh sesuai dengan yang kita harapkan bersama.”*(ADV)

Shares: