Pemerintah Aceh Tindak Tegas Pengecer LPG 3 Kg Nakal

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh menjalin kerjasama dengan PT Pertamina untuk melakukan pengawasan distribusi gas LPG tabung 3 kilogram. Kerja sama ini dilakukan mengingat selama ini sering terjadi kelangkaan gas LPG 3 kilogram setiap akhir tahun.

“Kelangkaan gas LPG 3 kilogram sering terdengar disepanjang akhir tahun, bukan hanya di Aceh tetapi juga di seluruh Indonesia,” kata Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Pendopo Wagub, Kamis (21/12/2017).

Kata Nova, selama ini masyarakat mengeluh sulitnya mendapatkan LPG 3 kilogram dan ini menjadi persoalan tersendiri, baik itu pihak Pertamina maupun pemerintah daerah. Padahal Pertamina sudah menyalurkan sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah setiap daerah.

“Namun pada tingkat pengecer dijumpai adanya penyalur yang tidak seseuai dengan sasaran yang telah ditetapkan, indikasi adanya penimbun dan penjualan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET),” tegasnya.

Menurut Nova, mengingat persoalan tersebut terus terjadi, maka penting Pemerintah Aceh melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh melakukan perjanjian kerjasama. Bahwa pemerintah tidak menutup mata dengan kejadian ini.

Masyarakat harus memperoleh haknya, sebut Nova, dan penyaluran harus melaksanakan kewajiban sesuai dengan ketentuan HET yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kita semua tentu tahu, dengan kondisi geografis Aceh tugas yang diemban Pertamina dalam penyaluran LPG 3 kilogram tidaklah mudah,” tegasnya.

Oleh karena itu, sebutnya, telah menjadi komitmen Pemerintah Aceh  untuk memberi perhatian yang serius dan dukungan terhadap penyaluran LPG 3 kilogram ini.

“Kami mengharapkan juga dukungan berbagai pihak,  baik Pemerintah Kabupaten/Kota, aparat penegak hukum, masyarakatdan media untuk bersama-sama mendukung penyaluran LPG 3 kilogram tepat sasaran,” pintanya.

Nova berharap, dampak dari perjanjian ini  disamping dapat mengamankan kuota LPG 3 kilogram, dalam penyalurannya menjadi tepat sasaran. Sehingga bisa menciptakan rantai pasok yang lebih baik, sehingga kedepan kelangkaan dan potensi penyimpangan tidak terjadi lagi di Aceh.

“Kami berharap kerjasama ini dapat menciptakan hubungan yang baik pihak-pihak yang terlibat, sebagai tujuan akhir tentnya kerjasama ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” tutupnya.[acl]

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.