News

Pemerintah Aceh Target Turunkan Kemiskinan Satu Persen 2020

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan, pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan pada 2020 sebesar satu persen, dan hal tersebut dilakukan dengan menerapkan berbagai pendekatan dan strategi intervensi melalui program dan kebijakan, serta pendekatan fiskal.
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah | Foto: Hendro Saky

BANDA ACEH (popularitas.com): Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan, pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan pada 2020 sebesar satu persen, dan hal tersebut dilakukan dengan menerapkan berbagai pendekatan dan strategi intervensi melalui program dan kebijakan, serta pendekatan fiskal.

Hal tersebut, disampaikan Nova, Senin, 6 Januari 2020, dalam rapat kerja antara pemerintah Aceh, dan Forbes DPR RI dan DPD RI, yang berlangsung di aula kantor pemerintahan setempat.

Dalam penjelasannya, Nova menyebutkan, sepanjang 2019, pemerintah Aceh, telah berhasil menurunkan prosentase kemiskinan, yakni dari 15,68 persen, ke 15,32 persen. Diakui, sambung Nova, penurunan tersebut masih relatif kecil, atau hanya sebesar 0,36 persen.

Karena itu, keberhasilan penurunan tersebut, walau masih relatif kecil, menjadi bahan, dan evaluasi pemerintah Aceh, untuk menerapkan berbagai strategi dan pendekatan yang lebih komprehensif, terukur dan terencana, guna mencapai prosentase yang lebih baik.

“Hasil 2019 menjadi bahan evaluasi pemerintah Aceh, guna mencapai target penurunan sebesar satu persen pada 2020,” katanya.

Salah satu pendekatan penting yang dilakukan Pemerintah Aceh, guna mencapai target penurunan sebesar satu persen tersebut, terang Nova, adalah dengan penyediaan rumah layak huni. “Rumah adalah salah satu indikator yang harus diselesaikan, agar kemiskinan dapat diturunkan,” jelasnya.

Selain itu juga, berbagai program pemberdayaan ekonomi, serta kebijakan investasi dan pembukaan lapangan pekerjaan diberbagai sektor terus dilakukan pemerintah, dan kesemua upaya tersebut, sebut Nova, adalah langkah untuk mencapai target penurunan angka kemiskinan satu persen pada 2020.

“Pemerintah Aceh optimis, target penurunan satu persen dapat dicapai pada 2020,” tandasnya. (SKY)

Shares: