Pemerintah Aceh salurkan sambungan listrik gratis 920 rumah warga

BANDA ACEH (popularitas.com) : Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Mahdinur, mengatakan, pada 2020, pihaknya menargetkan melanjutkan program sambungan listrik gratis kepada warga miskin di provinsi ujung pulau sumatera ini.

Kepada media ini, Rabu, 8 Januari 2020, Mahdinur menerangkan, pada 2020, pihaknya akan menyalurkan listri gratis kepada 920 rumah tangga miskin. Dan ini merupakan kelanjutan program pada tahun sebelumnya.

Dijelaskannya, jika pada 2019 lalu, pihaknya berhasil menyalurkan listrik gratis sebanyak 5.844 rumah tangga miskin, dan sehingga selama kurun waktu dua tahun ini, sambungnya, pihaknya akan merealisasikan sebanyak 6764 saluran listrik gratis.

“Tahun lalu sudah direalisasikan 5.844 rumah tangga, dan 2020 ini ditargetkan diselesaikan 920 sambungan,” terangnya.

Distribusi sebanyak 920 sambungan listrik tersebut, akan disebar di enam kabupaten, yakni, Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen, Gayo Lues, dan Aceh Barat Daya, serta Aceh Tenggara.

“Masing-masing rumah itu akan dipasangkan listrik dua amper,” kata Mahdinur,  Rabu 8/1.

Ia merinci bahwa untuk kabupaten Aceh Timur, Aceh Utara, Bireun dan Gayo Lues, akan disalurkan listrik bagi 200 rumah. Sementara ada 80 sambungan listrik bagi masyarakat Aceh Barat Daya serta 40 rumah di Aceh Tenggara.

Mahdinur menyebutkan pemerintah Aceh secara bertahap akan melakukan penyaluran listrik gratis bagi seluruh masyarakat miskin di seluruh Aceh. Ia menargetkan pada tahun 2022 mendatang seluruh masyarakat di Aceh sudah dapat menerima akses energi listrik.

“Harapan kita bantuan pemerintah tersebut bisa tepat sasaran,” kata Mahdinur.

Penyediaan listrik bagi keluarga miskin merupakan salah satu program Pemerintah Aceh yaitu Aceh Energi. Selama dua tahun pemerintahan Aceh Hebat, hampir 100 persen rumah sederhana di Aceh telah dialiri listrik, di samping juga beberapa kontrak industri energi yang telah diteken. (*SKY)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat