News

Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung

BIREUEN (popularitas.com) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyalurkan satu truk bantuan berupa sandang dan pangan serta bantuan bahan bangunan rumah untuk korban angin kencang atau puting beliung di Kabupaten Bireuen, Senin, 24 Juni 2019 kemarin.

Penyaluran bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Penggerak PKK Aceh, Dr Dyah Erti Idawati didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs Alhudri MM. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Bupati Bireuen, Saifannur didampingi Wakil Bupati Muzakkar A Gani dan Kepala Dinas Sosial Bireuen Murdani. Penyerahan bantuan itu berlangsung di halaman Meuligoe Bupati Bireuen.

Usai menyerahkan bantuan, rombongan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Bireuen langsung meninjau salah satu lokasi korban angin puting beliung di Gampong Cot Pate, Kecamatan Kuala, Bireuen.

Seperti diketahui, angin kencang atau puting beliung pada Sabtu, 22 Juni 2019 yang melanda 11 kecamatan di kabupaten tersebut telah mengakibatkan 62 unit rumah, 2 balai pengajian, 1 dayah dan 21 unit tempat usaha masyarakat rusak.

Angin kencang juga mengakibatkan 6 orang luka ringan.

Adapun 11 kecamatan yang dilanda puting beliung tersebut adalah Simpang Mamplam, Pandrah, Jeunieb, Peudada, Jeumpa, Juli, Kota juang, Kuala, Peusangan, Jangka dan Peusangan Siblah Krueng.

Kepada wartawan Dyah Erti Idawati mengatakan, atas perintah Plt Gubernur Aceh pihaknya melalui Dinas Sosial Aceh meninjau dan menyalurkan bantuan untuk korban bencana angin puting beliung yang terjadi pada satu malam lalu.

“Tadi pagi disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, dan ini kita langsung turun atas perintah Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah,” katanya.

Selain meninjau, katanya, Pemerintah Aceh juga menurunkan bantuan-bantuan sekaligus melihat langsung kondisi di lapangan pasca diterjang puting beliung.

“Dari amatan kita, yang menjadi korban bencana angin puting beliung itu rata-rata atapnya (rumah), dan alhamdulillah bantuan kita berikan sesuai dengan kebutuhan seperti ada triplek seng dan yang lain-lain akan kita tambahkan nanti,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri menambahkan, di samping bantuan sandang pangan yang telah diberikan sejak terjadinya bencana melalui Dinas Sosial Kabupaten Bireun, Pemerintah Aceh juga membantu bahan bangunan rumah.

“Seperti seng paku, triplek, dan cat yang kita berikan kepada saudara-saudara kita. Namun demikian tentu kita akan harus perhatikan kekurangan yang lain, dan akan saya laporkan ke Plt Gubernur Aceh. Kita akan terus support masyarakat sehingga bisa pulih dan berdiri kembali,” katanya.(RIL)

Shares: