News

Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan Rehab Rumah Korban Amukan Gajah Liar

Sebelum Ollo Mati, Gajah Jinak Tampak Sehat di CRU Sampoiniet
Ilustrasi gajah

REDELONG (popularitas.com) – Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyerahkan bantuan bahan baku bangunan untuk korban amukan gajah liar di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Rabu, 12 Februari 2020 kemarin. Bantuan diserahkan oleh Kasi Kedaruratan BPBA, Amarullah, dan diterima langsung oleh Bupati Bener Meriah, Syarkawi.

Ikut menyaksikan Plt. Kalak BPBD Bener Meriah dan unsur Muspida beserta jajarannya.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa seng 330 lembar, rabung seng 50 lembar, balok kayu ukuran 5×12 cm 80 batang, balok kayu ukuran 5×10 cm 200 batang, balok kayu ukuran 5×7 cm 250 batang, dan papan sebanyak 420 lembar.

Amarullah dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan dari Pemerintah Aceh yang terbatas ini bersifat stimulan, dan diperuntukkan untuk penanganan hunian sementara sebelum rumah masyarakat yang rusak dibangun secara permanen. “Untuk membangun kembali rumah tersebut harus dilakukan secara mandiri oleh penerima manfaat dan Pemerintah Aceh tidak menyediakan ongkos/upah,” kata Amarullah, Kamis, 13 Februari 2020.

Dia juga berharap  agar bantuan Pemerintah Aceh ini dapat mendukung untuk keperluan rebabilitasi, guna memperbaiki rumah masyarakat rumah yang berdampak dari amukan gajah liar pada Desember lalu.

Kalak BPBD Bener Meriah, Abdul Kadir, menyebutkan bahwa bantuan tersebut diberikan dari hasil assessment Tim BPBD setempat. Dia turut berterima kasih kepada pemerintah Aceh melalui BPBA dengan adanya bantuan tersebut.

“Masyarakat khususnya di Desa Pintu Rime Gayo yang sampai saat ini sering didera konflik dengan satwa liar ini akan sangat terbantu,” katanya.

Dia juga berharap Pemerintah Aceh bersama pemerintah daerah tetap memikirkan dan mencari jalan keluar, agar gangguan gajah liar tidak lagi terjadi di pemukiman masyarakat setempat.* (RIL)

Shares: