Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehHeadline

Pemerintah Aceh Minta Warga Viralkan Festival Ramadhan 2019

BANDA ACEH (popularitas.com) – Masyarakat Aceh yang gemar mengonsumsi makanan sehat sekaligus menu khas Ramadhan kini dapat bernafas lega. Pasalnya, beragam makanan itu kini tersedia di Festival Ramadhan yang dipusatkan di Taman Budaya, Banda Aceh.

Festival Ramadhan 2019 resmi dibuka Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Selasa sore, 7 Mei 2019. Lokasi festival tersebut langsung diserbu warga yang hendak berburu takjil.

Nova Iriansyah dalam sambutannya mengatakan Festival Ramadan merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Festival ini sengaja digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1440 H.

Dia berharap bulan suci Ramadhan dapat memberikan keberkahan untuk semua masyarakat Aceh, terutama masyarakat yang menggerakkan ekonomi kecil menengah. Kegiatan ini pun, sebutnya, sebagai bentuk menggelorakan semangat syariat Islam yang kerap selama ini dipandang sebagai penghalang dunia kepariwisataan.

“Syariat Islam itu bukan halangan. Saya yakin sekali, melalui penerapan itu, kita bisa menjalankan pariwisata yang sesuai dengan tatanan masyarakat kita di sini. Tidak perlu minder,” ujarnya.

Nova juga berharap Festival Ramadan 2019 dapat viral di masyarakat dalam dan luar Aceh.

“Menikmati kuliner dan beragam suguhan acara di festival ini harus bisa viral sampai ke luar. Agar tahun depan benar-benar famous (terkenal),” paparnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin menyebutkan, festival ini diikuti sebanyak 24 stand kuliner dan 16 stand non-kuliner. Rerata stand diisi masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah.

“Melalui wadah ini, kita ingin membantu masyarakat dan sekaligus memfasilitasinya mendapatkan takjil yang sehat dan jarang ada di tempat lain,” sebutnya.

Festival Ramadan 2019 masuk dalam 10 top event di Aceh. Acara ini berlangsung selama dua pekan ke depan. Selain beragam kuliner, acara juga diisi dengan berbagai suguhan atraksi seni.

Acara dimulai pukul 16.00-20.00 WIB. Festival kembali dibuka lepas tarawih atau pukul 21.30 sampai selesai.*(ASM)

Shares: