News

Pemerintah Aceh Miliki Dua Unit Mobil PCR Periksa Covid-19

Dorong Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Aceh buka pendaftaran online
Muhammad Iswanto. Foto: Humas Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dua unit mobil PCR (Polymerase Chain Reaction) keliling milik Pemerintah Aceh akan segera tiba di Banda Aceh dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, di Banda Aceh, Minggu (9/8/2020).

Mobil PCR keliling, kata Iswanto, akan digunakan untuk memudahkan masyarakat Aceh yang hendak menjalani PCR atau tes swab.

Menurut Iswanto, pengoperasian mobil PCR akan lebih efisien dan memudahkan pemeriksaan masyarakat serta dapat memperoleh hasil dalam waktu singkat.

“Mobil ini Insyaallah akan mampu melakukan uji swab hingga seribu sampel dalam satu hari,” ujar Iswanto.

Iswanto juga menjelaskan, pengadaan mobil PCR merupakan perintah langsung Plt Gubernur Aceh melalui Dinas Kesehatan Aceh dalam rangka menanggulangi kasus covid-19 yang semakin tinggi di Aceh.

Berdasarkan data Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), hingga 8 Agustus 2020 pukul 19.00 WIB, jumlah kasus Covid-19 di Aceh secara akumulatif mencapai 547 orang, yakni sebanyak 378 orang dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan, 148 orang sudah sembuh, dan 21 orang meninggal dunia.

Kasus baru Covid-19 yang dilaporkan pada 8 Agustus 2020 sebanyak 2 orang, masing-masing 1 orang warga Kabupaten Nagan Raya dan 1 orang warga Kabupaten Aceh Tamiang. Sementara 1 orang dilaporkan meninggal dunia.

Satu orang yang meninggal dunia, sesuai laporan dari Koordinator Pelayanan Tim PIE Covid-19 RSUDZA, dr Novina Rahmawati, laki-laki umur 69 tahun warga Nagan Raya yang dirawat di RSUZA Banda Aceh sejak 23 Juli 2020. Almarhum meninggal di RICU-RSUZA, Sabtu (8/9/2020) sekira, pukul 3.30 WIB.

Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini bertambah 6 orang, yang secara akumulatif menjadi 2.369 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.333 orang sudah selesai masa pemantauan, dan sebanyak 36 orang masih dalam pemantauan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sebanyak 151 kasus. Dari jumlah tersebut, 9 pasien masih dalam penanganan tim medis dan 137 telah sehat dan 5 orang lainnya telah meninggal dunia. [acl/ril]

Shares: