NewsParlementaria DPR Aceh

Pemerintah Aceh Harus Kerja Ekstra Realisasikan Anggaran 2019

Ketua Tim Perumus Tatib DPRA Iskandar Usman Al Farlaky

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Aceh dinilai lamban dalam merealisasikan program yang telah disusun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2019. Padahal pengesahan APBA sudah dilakukan sejak Desember 2018 lalu dengan harapan masyarakat Aceh dapat segera menikmati dampak pembangunan.

Berdasarkan pantauan popularitas.com di situs P2K-APBA 2019 diketahui Pagu 17 Triliun yang masuk dalam APBA hingga saat ini baru akan terealisasi sebesar 20 persen, pada 31 Mei 2019 mendatang. Sementara dari sisi tender program baru mencapai 40 persen.

Baca: Taufan Maulana Dinilai Tak Paham Aturan Lelang

“Pemerintah Aceh seharusnya bekerja ekstra untuk merealisasikan anggaran 2019. Jangan nanti banyak anggaran-anggaran yang mati di penghujung tahun karena disebabkan berbagai faktor teknis, termasuk misalnya keterlambatan Pokja ULP, yang kemudian berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat dan sosial kultural,” kata Ketua Fraksi Partai Aceh di DPR Aceh, Iskandar Usman Al Farlaky, Senin, 20 Mei 2019.

Baca: Distanbun Aceh Sebut Pokja ULP Kurang Teliti Dalam Penetapan Pemenang Tender

Lebih lanjut Iskandar berharap Plt Gubernur Aceh dapat terus melakukan langkah-langkah koordinasi dengan DPR dan instansi terkait demi mempercepat realisasi anggaran di lapangan. Menurutnya hal ini diperlukan karena posisi saat ini sudah memasuki satu semester kalender APBA 2019.

Tentunya, menurut dia, kondisi hari ini berbeda dengan nasib APBA tahun-tahun sebelumnya yang memang lambat di pengesahan. Sementara APBA 2019 sengaja diburu agar selesai pada akhir Desember 2018.

“Komitmen pengesahan dipercepat dengan maksud agar eksekutif mampu menyamakan ritme,” pungkas Iskandar Al Farlaky.(***)

Shares: