News

Pemerintah Aceh buka lowongan 5.218 tenaga kontrak dan 74 CPNS

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan, membuka lowongan bagi 5.218 pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) atau guru honor dan 74 calon pegawai negeri sipil (CPNS), untuk tahun anggaran 2021.
Pemerintah Aceh buka lowongan 5.218 tenaga kontrak dan 74 CPNS
Plt. Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Muksamina

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan, membuka lowongan bagi 5.218 pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) atau guru honor dan 74 calon pegawai negeri sipil (CPNS), untuk tahun anggaran 2021.

Plt Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Muksalmina, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/7/2021), menerangkan, formasi rekrutmen tahun 2021 tersebut, guna mengisi kekosongan guru dan tenaga kependidikan pada 579 satuan pendidikan jenjang SMA,SMK dan SLB di seluruh daerah ini.

baca juga : Anggaran Rp 3,5 T di Disdik Harus Mampu Dongkrak Pendidikan Aceh

Untuk formasi CPNS, 74 formasi yang dibuka tersebut, yakni tenaga kependidikan perpustakaan. Dan sementara, dari jumlah tenaga PPPK itu, yang paling banyak dibuka adalah untuk guru bimbingan konseling atau BK, yakni 881 orang atau 17 persen dari total rekrutmen.

Dan sementara itu, lanjut Muksalmina lagi, untuk guru bimbingan teknologi informasi dan komunikasi, sebanyak 831 orang atau 16 persen.

“Perekrutan PPPK dan CPNS bagi Guru dan Tendik itu tertuang dalam Pengumuman Gubernur Aceh Nomor :810/001/2021 tanggal 30 Juni 2021 tentang seleksi Calon Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Aceh tahun 2021,” jelasnya.

baca juga : Kadisdik Aceh Tinjau Sekolah di Pedalaman di Tengah Pandemi Covid

Selain itu, Muksal menuturkan rekrutmen PPPK tahun ini juga fokus pada pemenuhan guru produktif untuk jenjang SMK yaitu sebanyak 767 orang atau sekitar 15% dari total PPPK yang diterima tahun ini. Mereka akan memenuhi kekurangan guru mata pelajaran produktif pada 213 SMK yang tersebar di seluruh Aceh. Lalu, pemerintah juga membuka penerimaan formasi CPNS untuk tenaga perpustakaan sebanyak 74 Orang. 

“Selama ini tenaga perpustakaan sekolah masih banyak yang tidak ditangani langsung oleh tenaga ahli yang memiliki ijazah perpustakaan. Mereka umumnya adalah guru PNS ataupun Non PNS yang mengambil jam tambahan semata. Sehingga dengan hadirnya tenaga perpustakaan yang profesional akan mampu menambah manfaat dan fungsi perpustakaan untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah,” ungkapnya.

Muksalmina mengatakan peserta yang bisa mengikuti seleksi PPPK adalah para guru yang sudah terdata di dapodik dan memiliki ijazah linier dengan mata pelajaran yang dipilihnya. Pendaftaran penerimaan PPPK dan CPNS akan berlangsung sejak 30 Juni hingga 21 Juli 2021.

Editor : Hendro Saky

Shares: