News

Pelayaran Simeulue-Meulaboh Jadi Empat Kali Jelang Idul Adha

Pelayaran Simeulue-Meulaboh Jadi Empat Kali Jelang Idul Adha
Arsip - Sejumlah penumpang berjalan menuju Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh-Sinabang, di Desa Gampong Teungoh, Samatiga, Aceh Barat, Aceh. (Antara/Syifa Yulinnas)

MEULABOH (popularitas.com) – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) menambah jadwal pelayaran KMP Teluk Sinabang dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat tujuan Pulau Simeulue, Aceh atau pun sebaliknya menjadi empat kali sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

Selama ini, angkutan kapal roro (roll on roll off) ke pulau terluar Aceh tersebut hanya dilayani selama dua kali saja yakni pada Minggu dan Senin.

“Penambahan rute pelayaran ke Pulau Simeulue dari Aceh Barat tersebut karena membludaknya calon penumpang yang akan berangkat,” kata Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Aceh Barat, Romi Masri, Kamis (23/7/2020) dilansir Antara.

Ia menjelaskan, pada pekan ini saja, jumlah pelayaran ke Simeulue Aceh dari Aceh Barat atau pun sebaliknya sudah mulai dilayani pada hari Senin, Selasa dan Rabu.

Namun pada pekan depan sejak tanggal 26-29 Juli 2020, pelayaran di rute tersebut bertambah menjadi empat kali selama satu pekan yakni pada Hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis.

Romi Masri menambahkan, untuk satu kali keberangkatan, KMP Teluk Sinabang selama ini hanya mengangkut penumpang mencapai 200 orang setiap kali keberangkatan.

Namun sepekan menjelang Idul Adha, jumlah calon penumpang yang akan berangkat menjadi 300 orang per keberangkatan.

“Karena banyaknya calon penumpang, untuk sementara angkutan kendaraan roda empat atau pun truk juga dibatasi,” kata Romi Masri menambahkan.

Selain itu, faktor pengurangan jumlah kendaraan juga disebabkan karena selama ini juga dipengaruhi akibat cuaca buruk yang selama ini terjadi di rute pelayaran Simeulue-Meulaboh atau pun sebaliknya, ungkapnya.[acl]

Shares: