Pelabuhan Idi, Aceh Timur Buka Jalur Impor-Ekspor

POPULARITAS.COM –  Perkumpulan pengusaha maritim yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Maritim Aceh (APMA), akan membuka jalur pelayaran perdagangan  dengan rute Aceh – Penang, Malaysia melalui Pelabuhan Idi, Aceh Timur.

Ketua APMA, Tarmizi Yusdja Teuku Yudha mengatakan, tujuan dibuka jalur pelayaran tersebut, agar bisa menggairahkan aktivitas ekspor-impor di Aceh. Sehingga bisa menjadi sumber perputaran perekonomian.

“Dalam waktu dekat ini kita akan berupaya semaksimal mungkin agar jalur pelayaran perdagangan ini bisa aktif dan menggunakan pelabuhan Idi, Aceh Timur. Tujuannya agar bisa meningkatkan perputaran perekonomian,” ujar Tarmizi, Senin (5/2/2018).

Tarmizi menambahkan, saat sekarang ini terdapat satu kapal angkut jenis Landing Craft-Tank (LCT) Passenger Cargo, dengan bobot angkut 125 penumpang dan komoditas sebanyak 250 ton. Ditargetkan paling lambat awal bulan Mei 2018, kapal tersebut sudah  bisa berlayar ke Penang.

Sejumlah  komoditas Aceh seperti kakao, pinang, kopra, bumbu-bumbuan seperti kunyit, jahe, maupun palawija lainnya sudah bisa dipasarkan, begitu juga hasil tangkapan ikan laut dapat diangkut ke Penang.

“Apabila ada yang ingin berdagang ikan, maka kita akan siapkan ruang freezer agar kualitas ikan saat diekspor menjaga terjaga. Begitu juga dengan penampung di Penang telah disiapkan, tinggal stok barangnya saja,” tutup Tarmizi.

Reporter : Muhammad Agam Khalilullah

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.