News

Peduli Gajah, Tulus Berikan GPS Collar Untuk Gajah Liar di Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Peraih Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2015 dengan judul lagu gajah, Tulus, berkunjung ke Aceh untuk melihat populasi gajah Sumatera secara langsung. Dalam kunjungannya tersebut, Tulus memberikan satu unit GPS Collar untuk gajah liar di Aceh.

GPS Collar itu dibeli dari hasil penggalangan dana gerakan #temangajah Tulus. Fungsinya, untuk mengamati pergerakan gajah liar di daerah yang berkonflik dengan gajah Dan manusia, sehingga dampak konflik bisa diminimalisir.

Tulus mengatakan, gerakan #temangajah ini hanya bagian kecil untuk menyelamatkan konservasi gajah yang ada di Sumatera. Menurutnya, populasi gajah kini sudah semakin menurun drastis, akibat perburuhan.

“Saya ingin melakukan sesuatu kontribusi, untuk membantu keberadaan gajah karena Gajah Sumatera lagi kritis,” kata Tulus saat talkshow dengan pelajar di Museum Aceh di Banda Aceh, Kamis, 10 Oktober 2019.

Sebelumnya, pelantun Monokrom ini berkunjung ke Karang Ampar, Aceh Tengah. Disana, ia mengakui bahwa gajah bisa hidup berdampingan langsung dengan manusia, tanpa adanya gesekan.

Melihat situasi tersebut, Tulus merasa senang dan berharap harmonisasi itu bisa menular ke daerah-daerah yang memiliki populasi gajah.

“Desa karang ampar, gajah bisa hidup berdampingan dengan manusia. Ini luar biasa,” kata Tulus.

Usai dari Aceh, Tulus akan menghadiri Paris Peace Forum bersama pemimpin tim pengaman flora dan fauna Karang Ampar untuk berbicara tentang pesan perdamaian manusia dengan gajah dari Aceh.

“Saya nanti akan membicarakan soal ini (gajah) di Paris Peace Forum tentang perdamaian lingkungan mewakili Indonesia bidang lingkungan, spesifiknya konflik gajah dengan manusia,” sebutnya. (DRA)

Shares: