News

Pedagang siomay di Aceh Timur bayar ongkos naik haji dengan uang logam

Seorang pedagang siomay di Kabupaten Aceh Timur membayar ongkos naik haji (ONH) menggunakan uang logam pecahan Rp1.000 ke kantor Kementerian Agama setempat.
Nurkhalis, pedagang Siomay asal Indra Makmu, Aceh Timur, saat membayar biaya ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Aceh Timur di Aceh Timur, Selasa (10/5/2022). (ANTARA/HO)

POPULARITAS.COM – Seorang pedagang siomay di Kabupaten Aceh Timur membayar ongkos naik haji (ONH) menggunakan uang logam pecahan Rp1.000 ke kantor Kementerian Agama setempat.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Muzakkir di Aceh Timur, Rabu (11/5/2022), mengatakan pedagang siomay tersebut bernama Nurkhalis warga Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmu, Aceh Timur.

“Yang bersangkutan membawa uang logam pecahan Rp1.000 untuk melunasi biaya ibadah haji. Uang tersebut katanya hasil tabungan selama dua tahun lebih dari berjualan makanan siomay,” kata Muzakkir.

Selain uang logam, Nurkhalis juga membayar biaya ibadah haji dengan uang kertas pecahan Rp2.000, Rp5.000, maupun Rp10.000. Total uang yang diserahkannya ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur mencapai Rp25 juta.

Muzakkir mengatakan istri Nurkhalis, Siti Maftuhah, juga membayar biaya haji menggunakan uang pecahan kecil pada Agustus 2020. Saat itu, Siti Maftuhah menggunakan uang logam dan pecahan Rp1.000 dan Rp2.000.

“Hari ini, giliran suaminya, melunasi biaya menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci dengan uang pecahan serupa. Uang itu hasil tabungan merela menjual usaha siomay,” kata Muzakkir.

Muzakir mengaku salut dengan semangat dan motivasi suami istri tersebut. Keduanya bersungguh-sungguh menabung untuk berangkat ke Tanah Suci, Mekkah, menunaikan rukun Islam kelima.

“Memang benar arti Man Jadda Wa Jadda. Siapa yang bersungguh pasti berhasil. Ini menjadi motivasi, sehingga tidak ada yang tidak mungkin. Dengan niat bismillah, Nurkhalis yakin dan hanya dua tahun sudah mampu mendaftarkan diri naik haji,” kata Muzakir.

Meskipun masa tunggu ibadah haji saat ini di atas 32 tahun, Muzakkir mendoakan agar Nurkhalis bersama istrinya diberikan kesehatan dan keberkahan umur, sehingga bisa menunaikan ibadah haji ke Baitullah.

Sementara itu, Nurkhalis mengatakan dirinya mulai menabung sejak Agustus 2020 setelah dirinya bersama istri mendaftarkan mengikuti ibadah haji.

“Dari hasil jualan Siomay, kami menabung dengan uang logam dan uang pecahan Rp1.000 dan Rp2.000. Setelah merasa cukup lalu kami buka tabungannya dan kami hitung seluruhnya Rp25 juta,” kata Nurkhalis. (ANT)

Shares: