EkonomiNews

Pedagang Kecil Akan Diberikan BLT Dampak Corona

Pedagang Kecil Akan Diberikan BLT Dampak Corona
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di kantornya, Senin (20/1/2020).(KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Akan Berikan BLT ke Pedagang Kecil hingga Pengemudi Online", https://nasional.kompas.com/read/2020/03/26/10571801/pemerintah-akan-berikan-blt-ke-pedagang-kecil-hingga-pengemudi-online. Penulis : Sania Mashabi Editor : Fabian Januarius Kuwado

JAKARTA (popularitas.com) – Pedagang kecil cukup merasakan dampak dari mewabahnya virus corona di Nusantara. Sekarang ada angin segar yang akan diberikan oleh pemerintah, yaitu memberikan bantuan tunai langsung (BLT).

Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Perekonomian Susiwijono saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta mengatakan, BLT itu akan diberikan untuk masyarakat yang merasakan dampak penyebaran wabah virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

“Daya beli melalui BLT untuk kelompok komunitas terdampak. Seperti kita ketahui, wabah Covid-19 ini yang paling terdampak adalah masyarakat perkotaan. Kita lihat DKI Jakarta dan sekitarnya yang paling terdampak,” kata Susi, Kamis (26/3/2020).

Ia menambahkan, para pekerja harian di pusat perbelanjaan juga akan mendapat bantuan. “Kita akan data para pekerja informal harian untuk mendapatkan bantuan langsung tunai dalam rangka meningkatkan daya beli. Jadi itu yang pertama program stimulus lanjutan dalam konteks peningkatan daya beli,” ucap Susi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pihaknya masih mengkaji skema insentif yang akan digulirkan untuk pekerja sektor informal serta pekerja harian. Namun, pihaknya memastikan para pekerja harian serta pelaku usaha kecil bakal mendapatkan insentif dari pemerintah berupa bantuan langsung tunai.

“Kita akan melihat sektor informal untuk mendukungnya dalam bentuk bantuan langsung tunai melalui database yang ada,” kata Sri Mulyani saat video conference, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Melalui BLT tersebut, harapannya masyarakat bisa disiplin mengikuti pedoman pemerintah dalam menangangi pandemi Covid-19, terutama masyarakat yang bekerja di sektor informal.

“Dengan demikian, bisa membantu untuk bisa mengikuti arahan dan pedoman mengurangi interaksi dan aktivitas dan tidak melakukan kumpul sehingga bisa memerangi penyebaran virus ini, tetapi tetap mendapatkan bahan pokok, terutama bagi pekerja harian,” ujar Bendahara Negara.[kompas.com]

Shares: