News

Pasukan darat Rusia dekati Kiev, konvoi tank sepanjang 5 kilometer

Citra satelit yang diambil pada Minggu (27/2) memperlihatkan pengerahan besar-besaran pasukan darat Rusia, termasuk tank-tank yang bergerak ke ibu kota Ukraina, Kiev dari jarak sekitar 64 km.
Setahun Perang Rusia dan Ukraina, akankah berakhir?
Tank bergerak ke kota, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, di Mariupol, 24 Februari 2022. (ANTARA/Reuters/Carlos Barria/as)

POPULARITAS.COM – Citra satelit yang diambil pada Minggu (27/2) memperlihatkan pengerahan besar-besaran pasukan darat Rusia, termasuk tank-tank yang bergerak ke ibu kota Ukraina, Kiev dari jarak sekitar 64 km.

Gambar yang dirilis Maxar Technologies Inc itu menunjukkan pengerahan pasukan sepanjang lebih dari 5 km, yang terdiri dari ratusan kendaraan militer Rusia.

Konvoi kendaraan yang terekam di timur laut kota Ivankiv di Ukraina tersebut membawa bahan bakar, logistik, dan kendaraan lapis baja seperti tank, kendaraan tempur infanteri dan artileri, kata Maxar.

Gambar-gambar dari satelit itu juga memperlihatkan kerusakan yang disebabkan oleh serangan udara baru-baru ini terhadap bandara Antonov di Hostomel dan pertempuran sengit di bandara dan sekitarnya, menurut laporan Maxar.

Maxar telah melacak penambahan pasukan Rusia selama beberapa pekan. Citra satelit miliknya tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

Rusia target kuasai Ukraina pada 2 Maret 2022

Rusia sendiri, menargetkan akan mengakhiri perang pada 2 Maret 2022 dengan menguasai Ukraina sepenuhnya. Sumber Moskow yang disampaikan mantan pejabat tinggi militer negara beruang merah itu, saat ini Presiden Vlamidimir Putin akan terus mengintesifkan serangan darat dan pengerahan pasukan guna mencapai target

Hal itu disampaikan oleh mantan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrei Fedorov kepada Al Jazeera, Minggu. Fedorov mengatakan, karena target itulah, beberapa hari ke depan merupakn momen-momen kunci dalam invasi Rusia ke Ukraina. (REUTERS/ANT)

Shares: