News

Paska Lebaran, 7 Orang Reaktif Rapid Test di Pidie Jaya

Paska Lebaran, 7 Orang Reaktif Rapid Test di Pidie Jaya
Pengunjung Ulee Lheue di Rapid Test. (ist)

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Pasca lebaran Idul Adha 1441 Hijriah, jumlah masyarakat Pidie Jaya yang reaktif rapid test Covid-19 sebanyak 7 orang.

Data tersebut merupakan akumulasi dari sebaran Tim Gugus Covid-19 Pidie Jaya sebanyak dua orang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya tiga orang, serta RS Tgk Chik Ditiro Sigli Pidie dua orang.

Walau reaktif hasil rapid test tersebut, warga Pidie Jaya itu belum bisa disimpulkan positif terpapar Covid-19. Karena harus terlebih dahulu diuji melalui swab metode RT-PCR.

Jubir Kesehatan Tim Gugus COVID-19 Pidie Jaya, Eddy Azwar menyebutkan, tujuh warga Pidie Jaya yang reaktif hasil rapid test, satu di antaranya berinisial K, warga Kecamatan Bandar Baru yang meninggal dunia akibat kecelakan lalu lintas beberapa hari lalu.

Dua lainnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, berinisial MN (55) dan J (52) juga reaktif hasil rapid tes yang dilakukan pasca lebaran Idul Adha.

Sedangkan empat warga lainnya yang reaktif tersebut, masing-masing G, AH, R dan N.

“Angka tujuh itu, lima melakukan rapid tes mandiri, dua hasil kita turun ke lapangan,” kata Eddy, Jumat (7/8/2020).

Padahal sebelum cuti lebaran kurban tersebut, Tim Gugus COVID-19 sudah melakukan rapid tes massal mencapai 600 orang, namun tidak ada satupun yang menunjukkan hasil reaktif.

“Pasca lebaran Idul Adha ada peningkatan,” jelasnya.

Mengingat jumlah masyarakat yang reaktif rapid test meningkat, Tim Gugus COVID-19 menekankan masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan, dengan menjauhi keramaian, cuci tangan, dan selalu mengggunakan masker.[acl]

Reporter: Nurzahri

Shares: