News

Paska Gempa, BPBD Pijay Monitor Kerusakan

Paska Gempa, BPBD Pijay Monitor Kerusakan

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya langsung memonitor kerusakan paska dilanda gempabumi tektonik magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya (Pijay), Provinsi Aceh sekitar pukul 20.53 WIB, pada Kamis (20/8/2020).

Kepala BPBD Pijay, Okta Handipa mengatakan bahwa getaran gempa bumi tersebut begitu kuat dirasakan masyarakat.

“Iya informasi saya dapat gempa magnitudo 5,0 dengan kedalaman sekitar 10 kilometer, jadi wajar kalau memang sangat terasa,” kata Okta, saat dihubungi dari Banda Aceh dilansir Antara.

Okta menyebutkan pihaknya belum mendapatkan laporan warga yang terdampak. Tim Pusdalops BPBD Pijay sedang di lapangan untuk memonitor kondisi di tengah masyarakat.

“Saya belum dapa inforamasi ada terdampak atau tidak, sedang kita monitor di lapangan untuk mengumpulkan informasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar Dhati Cipto Kuncoro mengatakan bahwa peristiwa gempa bumi itu tepatnya berpusat di 26 kilometer Tenggara wilayah Kabupaten Pidie.

“Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0. Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Djati saat dihubungi dari Banda Aceh.

Meski pusat gempa buminya di Pidie, namun sebagian masyarakat di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar juga turut merasakan sedikit getarannya.

Hingga saat ini, belum ada laporan warga terdampak akibat gempa bumi tektonik tersebut.

“Sedang kami kumpulkan informasi update di lapangan,” kata Djati.[]

Editor: Acal

Shares: