HeadlineNews

Pasien Sembuh di Aceh Mencapai 700 Orang

Oktober, Pagebluk Covid-19 di Pidie Jaya Mulai Terkendali
Ilustrasi - Petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan pasien yang diduga terinfeksi virus Corona (COVID-19) melintas di depan ruang isolasi sementara di Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/3/2020). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc)

POPULARITAS.COM – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani menyampaikan, pasien sembuh dari Covid-19 di Aceh mencapai 700 orang dengan recovery rate sekitar 39 persen.

Jumlah tersebut setelah ada penambahan pasien sembuh Kamis (3/9/2020) data pukul 15.00 WIB sebanyak 85 orang. Sedangkan pasien baru yang positif terinfeksi virus corona bertambah sebanyak 97 orang dan meninggal dunia 4 orang.

Penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh hari ini meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak 59 orang, Aceh Utara 6 orang, Nagan Raya dan Lhokseumawe masing-masing 5 orang, Aceh Tengah 4 orang, Bireuen 3 orang, Aceh Selatan 2 orang, dan Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 1 orang.

“Warga Banda Aceh paling banyak yang sembuh dan disusul warga Aceh Besar,” kata Saifullah Abdulgani yang akrap disapa SAG.

Sementara pasien Covid-19 yang dilaporkan meninggal dunia sebanyak 4 orang terdiri dari warga Bireuen sebanyak 2 orang, warga Kota Banda Aceh dan Aceh Besar masing-masing sebanyak 1 orang.

Selanjutnya, SAG melaporkan ada 97 penderita baru Covid-19 Aceh yang berasal dari Kota Banda Aceh 45 orang, Aceh Besar 26 orang, Lhokseumawe 6 orang, Bireuen 4 orang, dan Aceh Selatan sebanyak 3 orang.

Warga Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Singkil, Nagan Raya, dan Kota Sabang masing-masing 2 orang. Sementara warga Aceh Utara, Kota Langsa, dan Pidie Jaya, sama-sama 1 orang. Sedangkan 2 orang lainnya merupakan warga dari luar daerah.

Kumulatif Covid-19

Lebih lanjut SAG melaporkan jumlah akumulatif Covid-19 di Aceh per tanggal 3 September 2020, pukul 15.00 WIB, telah mencapai 1.793 orang. Rinciannya sebanyak 1.021 orang dalam perawatan tim medis di rumah sakit rujukan atau dalam proses isolasi mandiri, 700 orang dinyatakan sembuh, dan 72 orang meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 276 orang. Ada penambahan PDP baru sebanyak 4 orang. Dari jumlah tersebut, 28 PDP dalam penanganan tim medis, 234 telah sembuh, dan 14 orang lainnya meninggal dunia.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif sebanyak 2.532 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.442 orang sudah selesai proses isolasi, dan sebanyak 90 orang masih menjalania isolasi di pelbagai kabupaten/kota.

“Penyakit Covid-19 belum ada obatnya, namun mudah pencegahannya. Kita hanya perlu disiplin mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak dengan orang lain, dan selalu memakai masker, terutama saat berada di luar rumah,” sebut SAG mengingatkan lagi. [ril]

Shares: