News

Pasien Positif Corona di Aceh yang Meninggal Bertambah, Jadi 2 Orang

Mayoritas Pasien Covid-19 Meninggal Usia di Atas 60 Tahun
Pemakaman pasien virus corona. (Foto: Suara.com)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Seorang pasien positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Aceh meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Umum dr Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Rabu, 17 Juni 2020.

Wakil Direktur Pelayanan RSUDZA Banda Aceh, Endang Mutiawati membenarkan adanya satu pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Pasien ini dikategorikan berasal dari Kota Banda Aceh.

“Beliau kalau tidak salah berasal dari Binjai, ke Banda Aceh, selain terkonfirmasi positif corona juga menderita penyakit DM dan TBC,” kata Endang saat dikonfirmasi, Rabu, 17 Juni 2020.

Ia menjelaskan, sebelum dirawat di RSUDZA, pasien yang meninggal itu dirawat di Rumah Sakit Pertamedika Kota Banda Aceh. Dari hari ke hari, kondisi pasien tersebut semakin kritis sehingga dirujuk ke rumah sakit milik Pemerintah Aceh itu.

“Yang barusan meninggal seorang bapak dengan penyakit DM (diabetes melitus) dan TBC, pertama dirawat di Pertamedika namun tidak sembuh-sembuh, baru dibawa ke sini, di sini kita tes dan positif,” jelasnya.

Dengan bertambahnya 1 pasien meninggal itu, maka total pasien positif terpapar virus corona yang meninggal dunia di Aceh menjadi 2 orang. Sebelumnya, pasien pertama Covid-19 yang meninggal dunia berasal dari Kota Lhokseumawe.

“Orang yang terkena corona adalah orang yang tidak patuh, selain melakukan perjalan ke daerah merah, juga karena tidak memakai masker dan protokol kesehatan,” kata dia.

Oleh karena itu, Endang mengimbau kepada masyarakat Aceh terus waspada dan menjaga diri agar tidak terpapar virus corona. Apabila berada di tempat keramaian, maka harus menjaga protokol kesehatan.

“Jadi masyarakat harus bersabar, ikuti aturan, kalau nggak kek gini kacau balau,” pungkasnya. []

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: