News

Pasien Positif Corona Asal Pidie Sembuh

Satu Lagi Pasien Sembuh, Aceh Nol Positif
Ilustrasi petugas medis, garda terdepan penanganan pandemi corona. (AFP/Paolo Miranda)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pasien dari Pidie yang terkonfirmasi positif corona berinisial AI (54) yang sebelumnya dirujuk dari RSUD Tgk Chik Ditiro ke RSUZA, dinyatakan sembuh.

Jubir Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG itu membenarkan bahwa pasien rujukan dari Pidie itu sudah sembuh. Hal itu berdasarkan informasi tim medis di Ruang Isolasi Pinere, RSUZA Banda Aceh, seorang pasien Covid-19 dinyatakan bebas virus corona hari ini.

Pasien berinisial AI, kata dia baru datang dari Medan, sebelumnya dirujuk oleh RSUD Tgk Chik Ditiro, Pidie, ke RSUZA awal April 2020, karena gejala demam dan batuk, saat itu hasil rapid test-nya juga reaktif.

Hasil analisis swab pertama dan swab kedua di RSUZA menegaskan warga Sumatera Utara itu positif Covid-19. “Setelah hampir satu bulan dalam penanganan tim medis Covid-19 RSUZA, ia dudah bebas dari virus corona,” kata dia, Rabu (6/5).

Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil uji swab berturut-turut dua kali terakhir, dan hasilnya negatif. Ia sudah meninggalkan RSUZA Banda Aceh, usai magrib tadi.

Selanjutnya SAG menjelaskan, dengan penambahan dua kasus baru dari Simeulue, jumlah kasus positif Covid-19 di Aceh menjadi 17 orang, per tanggal 06 Mei 2020, pukul 15.00 WIB. Rinciannya, sebanyak 7 orang dalam perawatan, 10 orang sudah sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. “Kasus meninggal ini terjadi pada Maret 2020. Kasus lama,” jelas SAG.

Sementara itu, jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) di Aceh sebanyak 1.920 orang. Ada penambahan 1 orang dibandingkan sehari sebelumnya. Yang sedang dalam pemantauan sebanyak 125 orang dan yang sudah selesai pemantauan sebanyak 1.795 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap seperti kemarin, 89 orang. Rinciannya, dalam perawatan rumah sakit sebanyak 1 orang, yang sembuh 87 orang dan meninggal 1 orang, urai SAG. (dani/rel)

Shares: