KesehatanNews

Partisipasi warga meningkat, Aceh Minta tambahan kuota vaksin Covid-19

Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, Iskandar AP, meminta kepada pemerintah pusat, untuk menambah kuota vaksin bagi provinsi ujung paling barat Sumatra tersebut.
Partisipasi warga meningkat, Aceh Minta tambahan kuota vaksin Covid-19
Asisten Administrasi Umum, Iskandar AP

POPULARITAS.COM – Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, Iskandar AP, meminta kepada pemerintah pusat, untuk menambah kuota vaksin bagi provinsi ujung paling barat Sumatra tersebut.

Hal itu dikatakan Iskandar, kepada Kordinator Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Wilayah Sumatera, dalam rapat dengan pendapat teknis penanganan virus corona dan pembelakukan PPKM, yang digelar secara daring, Sabtu (14/8/2021).

Disampaikan Iskandar bahwa, penambahan kuota vaksin bagi Aceh sangat penting, hal ini mengingat, saat ini partisipasi warga untuk ikut vaksinasi di provinsi ini sangat tinggi.

“Tambahan vaksin yang dikirim terakhir kali jumlahnya kurang setengah dari kuota yang ditentukan. Padahal saat ini animo masyarakat terhadap vaksin sedang meningkat,” kata Iskandar. 

Dengan adanya kuota penambahan vaksin nantinya yang diberikan oleh pemerintah pusat, maka layanan vaksin bagi warga juga dapat ditingkatkan, dan akses warga terhadap vaksin juga semakin luas.

baca juga : Ketersediaan Vaksin Moderna di Pidie Jaya Capai 7.650 Dosis

Sebelumnya, Koordinator Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Wilayah Sumatera, Iskandar Simorangkir, mengatakan, trend kasus positif di wilayah Jawa-Bali saat ini mengalami penurunan. Namun di saat bersamaan kasus di luar dua pulau tersebut malah mengalami kenaikan. Termasuk Sumatera. 

“Kita berharap ini menjadi perhatian kita bersama untuk menunrunkan kasus Covid-19,” kata Iskandar Simongkir yang juga Deputi I Kemenko Perekonomian itu. 

baca juga : Sudah 2.000 Anak di Aceh Divaksin Covid-19

Iskandar menyebutkan, beberapa provinsi di Sumatera bahkan trend kasus positif dan kematiannya melebihi dari rata-rata nasional. Begitupun dengan tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 yang kian naik. 

Oleh sebab itu, dalam kesempatan tersebut ia meminta setiap Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Kesehatan dari setiap provinsi maupu kabupaten/kota di Pulau Sumatera untuk melaporkan kendala apa saja yang dialami dalam menangani Covid-19. Pihaknya ingin mengetahui setiap kendala, kekurangan, dan bantuan apa yang diperlukan agar segera dapat dicarikan solusinya. 

Editor : Hendro Saky

Shares: