NewsPolitik

Parpol Peserta Pemilu di Aceh Barat Terima Bantuan Rp 600 Juta

KIP Nagan Raya usulkan Rp44,9 miliar untuk Pilkada 2024
Bendera partai politik di Aceh | Foto: Pikiran Merdeka

ACEH BARAT (popularitas.com) – Sebanyak 18 partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 kini mulai mencairkan dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat senilai Rp600 juta lebih yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun 2019.

“Pencairan dana ini merupakan bagian dari pembinaan partai politik dari pemerintah daerah,” kata Asisten I Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Mirsal di Meulaboh, Selasa, 26 November 2019.

Menurutnya, masing-masing partai politik di daerah ini mendapatkan bantuan bervariasi antara belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah, sesuai dengan perolehan suara yang berhasil diraih pada Pemilu  2019 yang berlangsung pada April lalu.

Perhitungan besar kecilnya dana bantuan pembinaan terhadap partai politik tersebut, yakni per suara dihitung sebesar Rp6 ribuan dikalikan dengan jumlah suara.

“Kalau partai politiknya meraih suara terbanyak, maka jumlah bantuan yang akan diterima juga banyak. Begitu juga sebaliknya,” kata Mirsal menambahkan.

Dana tersebut diperuntukkan untuk melakukan pelatihan, pembinaan kader partai serta kebutuhan partai politik sehingga diharapkan seluruh partai politik yang ada di daerah ini dapat menjalankan tugas pokoknya sesuai dengan aturan dan anggaran dasar/rumah tangga masing-masing partai.

“Dana ini disalurkan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dan dana ini sah diberikan sebagai bentuk pembinaan,” tuturnya.

Sumber: Antara

Shares: