HeadlinePileg dan Pilpres 2019

Parlok Gagal Dapat Kursi di DPRK Simeulue, PBB Kuasai Parlemen

Ilustrasi Kursi Parlemen

BANDA ACEH (popularitas.com) – Partai Lokal (Parlok) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 gagal memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Simeulue. Sementara Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi penguasa di parlemen setempat untuk Periode 2019-2024.

Berdasarkan data DB1-DPRK yang diterima popularitas.com dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, dari empat Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di kabupaten Simeulue, suara Parlok baik Partai Aceh, Partai Nasional Aceh, SIRA dan PDA dikalahkan oleh sederetan partai nasional.

Sedangkan suara PBB yang juga partai pengusung Bupati Simeulue Erly Hasim pada pilkada 2017 lalu, mendominasi setiap dapil. Sehingga partai nasional bentukan Yusril Ihza Mahendra tersebut memperoleh empat kursi dari 20 kursi di DPRK Simeulue (satu dapil satu kursi).

Disusul Partai Hanura dengan perolehan tiga kursi. Sementera Partai Demokrat, Nasdem, PKS, PPP dan PAN masing-masing mendapat dua kursi. Selebihnya, Gerindra satu kursi, PKB satu kursi dan Golkar satu kursi.

Hasil rangkuman popularitas.com berdasarkan salinan DB1 DPRK Simeulue yang diplenokan KIP setempat pada 1-3 Mei 2019, berikut nama partai dan nama-nama para caleg yang memperoleh kursi di Parlemen Simeulue dari empat dapil.  Nama caleg diambil berdasarkan suara terbanyak badan, setelah perhitungan suara partai caleg bersangkutan.

Dapil 1

PAN 1 kursi (Sunardi)

PBB 1 kursi (Hamsipar)

PKB 1 kursi (Nurhayati)

PPP 1 kursi (Ugek Farlian)

Hanura 1 kursi (Rita Diana)

Demokrat 1 kursi (Syahrian)

Dapil 2

Nasdem 1 kursi (Haili)

PKS 1 kursi (Irawan Rudiono)

Golkar 1 kursi ( Andi Milian)

Hanura 1 kursi (Rosnidar Mahlil)

PBB 1 kursi (Hj. Mirati)

Dapil 3

PBB 1 kursi (Irwan Suharmi)

Hanura 1 kursi (Poni Harjo)

PKS 1 kursi (Ihya Ulumuddin)

PAN 1 kursi (Sardinsyah)

PPP 1 kursi (T Syamsardin)

 Dapil 4

Nadem 1 kursi (Nusar Amin)

PBB 1 kursi (Jul Akmal)

Gerindra 1 kursi (Amsarudin)

Demokrat 1 kursi (Raduin).

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Simeulue pada 2019 ini mencapai 60.187 jiwa. Sementara yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019 lalu hanya mencapai 50.395 suara. Selain itu, Dapil Simeulue juga memiliki 225 pemilih disabilitas yang menggunakan hak pilih pada Pemilu serentak tahun ini. (Red)

Shares: