Pangdam IM Baru Pastikan TNI Netral di Pilkada & Pilpres

POPULARITAS.COM – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjend TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin memastikan saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Presiden, Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus netral. Tidak boleh ada satu prajurit pun terlibat dalam pesta demokrasi nantinya.

Mayjend TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin yang merupakan putra asli Aceh merupakan Pangdam IM baru menggantikan Mayjen TNI Moch. Facrudin yang akan menduduki jabatan baru sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Darat.

Mayjend TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin sebelumnya menjabat sebagai Pengkaji Bidang Geografi Lemhanas. Sebagai Pangdam IM yang baru, putra asli Kabupaten Aceh Selatan ini hendak  membuat Aceh terus dalam bingkai perdamaian.

Mayjend TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin mengaku, saat pertama kali menginjakkan kaki di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, berarti sudah sampai ke tanah kelahiran. Lalu dia sendiri berpikir apakah mampu membuat Kodam IM lebih baik untuk mengisi perdamaian dan kesejahteraan rakyat Aceh.

“Saya sangat bangga sekali bisa duduk di Kodam ini dan saya sebagai putra daerah, begitu saya turun dari pesawat rasa siap pulang kampung, sesuatu pesan sampai berpikir apakah mampu membuat Kodam ini bergoyang di sini, bersuara di sini buat perdamaian di Aceh,” kata Mayjend TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin usai acara penyambutan tradisi pedang pora di Makodam IM, Jumat (23/3/2018).

Oleh karena itu, Mayjend TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin berharap kedatangannya di Aceh bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Agar bisa bahu-membahu membangun Serambi Mekkah ini jauh lebih  baik dan maju masa yang akan datang.

Pangdam IM ini juga tegaskan, institusi TNI tidak bicara Pilkada. Sesuai dengan Undang-Undang 34 Tahun 2004 tentang TNI, tugasnya menjaga kedaulatan bangsa dari serangan luar. Tentunya netralitas TNI dalam Pilkada dan Presiden nantinya harus terjamin.

“Tidak ada satu prajurit pun yang tidak netral, ini sudah perintah Panglima TNI,” tutupnya.[acl]

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.