EkonomiNews

Pandemi Covid-19 Berdampak pada Tukang Pangkas

Pandemi Covid-19 Berdampak pada Tukang Pangkas
Munawir (24), seorang tukang pangkas di Keude Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara melayani pelanggan, Sabtu, 4 April 2020. (Istimewa)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Tukang pangkas ikut mengeluhkan akibat menurunnya jumlah pelanggan pasca tersebarnya virus corona atau Covid-19 ke Aceh. Kondisi ini membuat penghasilan mereka turun 50 persen.

Munawir (24), seorang tukang pangkas di Keude Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara mengatakan, akibat wabah virus corona, usaha pangkasnya terlihat tak normal seperti biasanya.

“Saat ini sedikit menurun, berbeda dengan hari-hari sebelumnya sebelum virus corona tiba di Aceh,” sebut Munawir saat dihubungi dari Banda Aceh, Jumat (3/4/2020) malam.

Ia menjelaskan, pada hari-hari biasa saat kondisi normal, memperoleh penghasilan dari pangkas antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. Namun, semenjak virus corona, penghasilannya menurun menjadi Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu.

“Bisa jadi menurunnya pelanggan karena warga takut keluar karena virus corona, apalagi untuk pangkas,” jelas Munawir.

Di sisi lain, tambah Munawir, menurunnya jumlah pelanggan juga karena singkatnya jam operasi usaha pangkas tersebut. Sebelum virus corona, ia membuka usaha mulai pukul 09.00 WIB hingga 00.00 dini hari.

“Saat ini kan sudah berlaku jam malam, jadi semua harus tutup setengah 9 malam, bisa jadi karena itu juga menurun penghasilan kami,” kata dia.

Munawir berharap, virus corona tersebut segera berakhir sehingga usahanya normal kembali. Di sisi lain, di tengah kondisi seperti ini ia juga berharap agar jam malam tidak diberlakukan lagi dan usahanya bisa buka sampai dini hari.

“Kalau bisa ini segera normal lah, sehingga saudara-saudara kita yang lain juga bisa jualan pada malam hari,” pungkasnya. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: