KesehatanNews

Orangtua Baru Ketahui Ini Sebelum Bayi Anda Lahir

Ilustrasi

SEBAGAI calon ayah dan calon ibu baru, detik-detik persalinan adalah hal yang sangat dinanti. Mungkin bakal muncul rasa panik, khawatir terutama jika menanti kelahiran anak pertama.

Hal yang juga tak bisa dipungkiri, terutama oleh orangtua baru adalah kebingungan saat menghadapi proses persalinan yang tiap menitnya bisa berubah dengan cepat dan bahkan jauh dari rencana awal.

Belum lagi setelah bayi lahir, pastinya orangtua akan mendapat banyak momen pertama yang kerap membuat bingung. Untuk itu sangat penting melakukan sederet persiapan jelang persalinan si kecil.

Sebagai panduan, lima hal ini sebaiknya dimasukkan dalam daftar persiapan menjadi orangtua.

Asuransi

Jika kamu belum mengurus asuransi, segera urus mulai dari sekarang Asuransi merupakan hal penting yang harus disiapkan oleh calon orang tua.

Asuransi dapat membantu meringankan biaya perawatan saat melahirkan. Selain itu asuransi juga dapat membuat orangtua lebih siap dalam menghadapi keadaan darurat dari segi keuangan.

Perlengkapan Bayi

Sebelum kelahiran, calon orangtua baru harus menyiapkan perlengkapan bayi. Hal ini dilakukan agar saat bayi lahir, perlengkapan bayi sudah bisa digunakan.

Perhatikan bahan dari perlengkapan bayi yang dibeli. Sebaiknya pastikan bahan dari perlengkapan bayi yang aman untuk kulit bayi yang masih cenderung sensitif.

Selanjutnya beli perlengkapan bayi berdasarkan kebutuhannya, bukan karena bentuk dan modelnya saja. Bayi yang baru lahir akan mengalami perkembangan tubuh yang cukup cepat sehingga akan lebih sering membeli perlengkapan bayi. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, dapat membantu mengurangi pengeluaran.

Perlengkapan Ibu

Selain perlengkapan bayi, perlengkapan untuk ibu juga penting untuk disiapkan. Hal ini penting diingat karena seringkali terlupakan karena terlalu semangat menyambut kelahiran bayi.

Perlengkapan ibu yang harus disiapkan adalah baju untuk menyusui, pembalut khusus dan barang-barang lain yang diperlukan untuk ibu setelah persalinan.

Memahami Post-partum

Setelah memenuhi keperluan ibu dan bayi, orangtua baru juga harus mengetahui tentang kondisi post-partum. Sebelum melahirkan, ibu hamil harus menyiapkan mental untuk menghadapi masa setelah persalinan. Seringkali hal ini diabaikan oleh banyak orang.

Padahal dengan memahami masa post-partum dapat membantu mengurangi risiko ibu mengalami baby blues atau depresi setelah melahirkan. Calon orangtua harus mulai mencari informasi terkait perawatan ibu setelah melahirkan.

Pengetahuan Tentang Bayi

Sebagai calon orangtua baru, mulailah mencari pengetahuan seputar bayi. Hal ini dapat membantu ibu dalam merawat bayi setelah melahirkan.

Carilah pengetahuan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada bayi yang baru lahir. Dengan ini ayah dan ibu bisa lebih siap menghadapi bayi yang baru lahir. Dapatkan pengetahuan melalui buku, orangtua yang sudah berpengalaman, internet, hingga seminar seputar parenting.*

Sumber: Dream.co.id

Shares: