Operasi Zebra Dimulai, Sasar Tak Gunakan Helm

BANDA ACEH – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banda Aceh menggelar Operasi Zebra 2017, yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai 1-14 November 2017 mendatang.

Razia gabungan di wilayah hukum Polda Aceh kali ini lebih difokuskan kepada pelanggaraN lalu lintas yang melawan arus dan pengendara motor tidak menggunakan helm.

Operasi Zebra Rencong 2017 ini berlangsung di jalan Daud Bereh, kota Banda Aceh mulai pukul 15.00 hingga 16.00 Wib, (02/11/2017). Pantauan Popularitas.com ratusan pengendara tampak dihentikan oleh petugas akibat tidak mematuhi aturan berlalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, tidak memiliki SIM, dan mobil yang menggunakan rotator atau strobo.

“Fokus razia dilakukan kepada semua pelanggar lalu lintas namun lebih difokuskan lagi kepada pelanggar yang melawan arus. Karena ini sudah menjadi fenomena kurang baik di kota besar. Kemudian pengguna jalan yang tidak menggunakan helm,” kata Kepala bagian Pembinaan dan Operasi Ditlantas, AKBP Deni Kurniawan.

Selain itu dalam Operasi Zebra Rencong 2017 kali ini, tindakan yang dilakukan kusus bagi pelanggar akan dilakukan tilang sesuai pasal yang dilanggar. Sementara untuk pelanggar yang menggunakan rotator akan diminta untuk dilepaskan.

“Untuk pelanggar yang menggunakan rotator maka kita akan mempersilahkan pada pemilik kendaraan untuk melepas strobo atau rotatornya di tempat karena kalau kita biarkan pasti tidak akan dilepas,” jelasnya.

Kata Deny, pelanggaran yang paling dominan terjadi di kota Banda Aceh adalah yang tidak menggunakan helm dan komponen kendaraan lainnya, seperti tidak memasan spion, menggunakan knalpot rasing dan tidak memiliki SIM.

“Kalau kitra melihat operasi pada 2016 lalu kalau di Banda Aceh pelanggaran paling dominan adalah masyarakat yang tidak menggunakan helm,” ujarnya.[acl]

Zuhri Noviandi

Comments
Loading...