News

Ombudsman Investigasi Proses Seleksi Beasiswa BPSDM Aceh

Ombudsman Aceh Mendukung Sekolah Tatap Muka Dibuka Kembali
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Taqwaddin. Antara Aceh/M Haris SA

POPULARITAS.COM – Ombudsman RI Perwakilan Aceh menyebutkan bahwa pihaknya sedang melakukan investigasi terkait proses seleksi beasiswa yang dilakukan BPSDM Aceh.

Kepala Obsudsman RI Perwakilan Aceh, Taqwaddin mengatakan, investasi tersebut menindaklanjuti laporan masyarakat bahwa ada dugaan penyelewengan dalam proses seleksi.

“Laporan terkait proses seleksi penerimaan beasiswa yang dilakukan BPSDM Aceh saat ini sedang dalam proses,” ucap Taqwaddin dalam keterangannya, Senin (6/9/2021).

Baca: Cara Cek Daftar Penerima Beasiswa Pemerintah Aceh yang Sudah Diumumkan

Taqwaddin menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang memproses laporan tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa permasalahan ini sudah menjadi isu nasional, bukan saja di tingkat daerah.

“Perlu kami sampaikan bahwa laporan terkait beasiswa yang disalurkan oleh BPSDM Aceh saat ini sedang kita proses di tahap pemeriksaan. Kami sudah lakukan verifikasi formil dan materiil terhadap semua laporan yang masuk terkait Beasiswa,” sebutnya.

Ia menjelaskan bahwa, investigasi lapangan dan klarifikasi langsung terkait hal tersebut dipimpin oleh Ilyas Isti dan Nurul Nabila beserta tim Asisten Ombudsman Aceh lainnya. Dia mengharap agar publik tetap tenang dan bersabar.

“Percayakan pada kami. Kami akan investigasi secara cermat dan hati-hati,” ungkapnya.

Taqwaddin juga menuturkan bahwa pihaknya tetap akan memproses masalah ini secara objektif dan independen. Dan ia berharap pihak BPSDM Aceh selaku terlapor agar nantinya kooperatif dalam proses pemeriksaan oleh timnya.

Taqwaddin menambahkan, berdasarkan data Ombudsman, masalah pendidikan saat ini melonjak drastis, yaitu berada pada posisi nomor empat. Padahal sebelumnya pada semester pertama masalah pendidikan berada pada urutan ke delapan.

“Ya kami berharap kepada publik agar mendukung upaya yang sedang kita lakukan, dan kami juga memohon agar para pelapor tetap bersabar dalam proses ini. Intinya semua laporan masuk akan kita proses,” pungkas Taqwaddin.

Editor: dani

Shares: