NewsParlementaria DPR Aceh

Obati Adik ke China, Asrizal H Asnawi Belum dapat Kembali ke Indonesia

Fraksi PAN dan Demokrat DPR Aceh sepakat usul revisi Qanun LKS
Anggota Fraksi PAN Asrizal Asnawi | Foto Istimewa

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kebijakan pemerintah menutup akses ke China telah berdampak kepada salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Asrizal H Asnawi. Politisi PAN yang selama ini mendampingi adiknya berobat di negeri Panda itu pun tak dapat kembali ke Indonesia hingga Rabu, 5 Februari 2020.

Asrizal kepada awak media mengaku sudah sejak 20 Januari 2020 berada di salah satu rumah sakit, di Guangzhou, China. Keberadaannya di sana dalam rangka mengobati adiknya yang mengidap kanker.

“Iya, saya masih di China,” kata Asrizal, Rabu pagi.

Seperti diketahui, China saat ini sedang menghadapi wabah virus 2019-nVoC atau lebih dikenal virus corona, yang wabahnya diketahui berawal dari Wuhan, Provinsi Hubei sejak 2019 lalu. Pemerintah China telah mengkonfirmasi adanya 479 orang meninggal akibat virus tersebut. Sebanyak 16.678 kasus wabah corona juga dilaporkan terjadi di China, yang kasusnya didominasi di Hubei.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kemudian menetapkan virus corona sebagai darurat global, setelah penyakit tersebut “berhasil keluar” dari China. Sudah beberapa negara mengkonfirmasi adanya warga mereka yang terpapar virus seperti flu itu seperti Amerika Serikat, Kanada, Singapura, Malaysia, Australia, Jepang, dan Jerman.

Terkait hal ini, Asrizal melalui pesan WhatsApp menyebutkan kondisi mereka masih sehat hingga hari ini. Selama berada di Guangzhou, politisi PAN tersebut juga tidak beraktivitas di luar rumah sakit. “Aktivitas cuma di seputaran rumah sakit. Tak boleh keluar-keluar sejak status virus corona mewabah,” kata Asrizal.* (BNA)

Shares: