HeadlineNews

Nova Tepis Fitnah Punya Saham di PT EMM

Nova Iriansyah

BANDA ACEH (popularitas.com) – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menepis isu dan tudingan banyak pihak yang mengatakan dirinya memiliki saham di PT Emas Mineral Murni (PT EMM).

“Banyak yang fitnah saya, katanya punya saham di PT EMM,” ungkap Nova, Sabtu, 13 April 2019.

Nova menyebutkan, seluruh proses perizinan yang terbit untuk PT EMM sejak 2005 sama sekali tidak melibatkannya. Dia juga tidak menandatangani proses perizinan tersebut sehingga bagaimana mungkin memiliki saham di perusahaan emas tersebut.

Secara pribadi dia menegaskan ketidaksetujuan izin operasi tambang PT EMM karena dapat menghancurkan hutan. Sebagian lokasi bahkan berada di Aceh Tengah yang notabene adalah kampung halaman Nova Iriansyah.

“Tidak mungkinlah saya menghancurkan kampung halaman sendiri,” tukasnya.

Namun, kata Nova, dalam kapasitas sebagai Plt Gubernur Aceh, ada beberapa proses dan tahapan hukum yang harus dilewati untuk membatalkan izin operasi perusahaan tambang tersebut. Ini diperlukan agar Pemerintah Aceh tidak menanggung konsekuensi hukum di masa mendatang.

Karena itu, seluruh tahapan dalam proses evaluasi PT EMM akan dilakukan pihaknya, yakni dimulai dari pemeriksaan izin sejak tahun 2005, dan kemudian pembentukam tim yang akan menelaah persoalan hukum ini, paparnya.

Nova meminta semua pihak untuk percaya kepadanya dan jajaran Pemerintah Aceh, yang saat ini sedang menyiapkan upaya dan proses menempuh langkah hukum terkait pembatalan perizinan PT EMM.

“Mohon sabar, dan percayakan persoalan ini kepada pemerintah Aceh,” tegasnya. (SKY)

Shares: