HeadlineNews

Nova Sampaikan Terimakasih atas Kritikan Masyarakat Terkait Kondisi Sapi di Sare

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyampaikan ucapan terimakasih atas kritikan yang disampaikan oleh masyarakat, terkait dengan pengelolaan sapi pada UPTD Inseminasi Buatan dan Inkubator (IBI) Sare di Aceh Besar. Sebab, katanya, apa yang disampaian oleh warga itu, merupakan sesuatu yang kontruktif, guna langkah perbaikan yang akan dilakukan pemerintah kedepannya.
Nova sampaikan terimakasih atas kritikan masyarakat terkait kondisi sapi di Sare
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat melakukan pelepasan sapi yang berada di UPTD IBI Sare, Aceh Besar, ke padang rumput yang berada dilokasi. FOTO : HUMAS ACEH

BANDA ACEH (popularitas.com) : Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyampaikan ucapan terimakasih atas kritikan yang disampaikan oleh masyarakat, terkait dengan pengelolaan sapi pada UPTD Inseminasi Buatan dan Inkubator (IBI) Sare di Aceh Besar. Sebab, katanya, apa yang disampaian oleh warga itu, merupakan sesuatu yang kontruktif, guna langkah perbaikan yang akan dilakukan pemerintah kedepannya.

Dan untuk menjawab kritikan tersebut, lanjut Nova, dirinya langsung terjun ke lokasi guna mencari akar masalah, dan indentifikasi persoalan yang ada, guna mencari solusi terbaik. “Kritikan warga itu ‘gizi yang baik’ dan saya berterimakasih atas hal tersebut,” kata Nova, Minggu, 7 Juni 2020.

Lebihlanjut Nova menerangkan, sapi yang terlihat kurus, yang menjadi sorotan warga, merupakan sapi yang sedang dikarantina dengan berbagai alasan, baik itu karena sakit, penyesuaian atau adaptasi. “Sekurangnya ada 50 ekor sapi yang sedang dikarantina,” ujarnya.

Sembari menunggu revisi anggaran untuk pengadaan konsentrat pakan sapi, jelas Nova, saat ini, dirinya telah memerintahkan untuk melepaskan hewan tersebut dari kandang guna digembalakan pada lahan hijau seluas 9 hektar yang berada di lokasi. Dan sebenarnya juga, sambung Nova, UPTD IBI Sare ini, bukan merupakan wilayah komersil, sebab, keberadaan sapi dilokasi ini untuk pendidikan, dan edukasi terhadap masyarakat.

Persoalan kemudian, lanjut Nova, kapasitas dan daya tampung kandang telah melebihi jumlah sapi yang ada, dan inilah pangkal masalah yang akan kita cari jalan keluarnya. “Kapasitas UPTD IBI Sare ini hanya 100 ekor sapi, dan saat ini daya tampungnya sudah melebihi,” tukasnya.

Berapa jalan keluar yang tengah dipikirkan pemerintah Aceh saat ini, sebut Nova, diantaranya distribusi ke SMK-SMK pertanian, Universitas untuk penelitian, dan pendistribusian kepada kelompok masyarakat. “Beberapa opsi atau pilihan sedang kita jajaki kemungkinannya,” katanya.

Untuk itu, Ia menargetkan, dalam waktu satu bulan kedepan, sudah ada solusi terbaik terkait dengan langkah-langkah penyelamatan sapi di UPTD IBI Sare, dan semua opsi jua akan kita kaji berbagai kelebihan dan kekurangannya. (RIL/SKY)

Shares: