News

Nelayan di Lhokseumawe manfaatkan kapal boat ikan saat libur idul fitri

Para nelayan di Kota Lhokseumawe, manfaatkan kapal boat ikan untuk disewakan kepada pengunjung di Pantai Wisata Ujong Blang. Dengan tarif terjangkau, warga diajak menikmati pesona laut dengan berkeliling pesisir pantai.
Nelayan di Lhokseumawe manfaatkan kapal boat ikan saat libur idul fitri
Wisatawan lokal saat menaiki boat nelayan di pantai Ujong Blang Kota Lhokseumawe

POPULARITAS.COM – Para nelayan di Kota Lhokseumawe, manfaatkan kapal boat ikan untuk disewakan kepada pengunjung di Pantai Wisata Ujong Blang. Dengan tarif terjangkau, warga diajak menikmati pesona laut dengan berkeliling pesisir pantai.

Andre (35), salah satu nelayan yang memanfaatkan kapal untuk warga mengatakan, aktivitas hari libur melaut untuk menangkap ikan, digunakan dirinya dan rekan sejawat mencari rizki lain, yakni menjadikan boat mereka sebagai kapal wisatawan lokal.

“Yah lumayanlah penghasilannya,” kata Andre.

Jadi, sebutnya, selama tidak melaut mencari ikan, dirinya dan rekan seprofesi masih dapat mengais rizki dengan memanfaatkan momentum lebaran seperti saat ini.

“Sembari menunggu hari melaut, yah kita manfaatkan aja kapal ini. Dan pendapatan juga lumayan banyak,” katanya lagi.

Diterangkannya lagi, soal tarif, dengan membayar harga sewa perorang Rp10 ribu, dan anak-anak Rp5 ribu, wisatawan lokal yang umumnya warga Kota Lhokseumawe itu, dapat berkeliling di pesiri pantai Ujong Blang. “Satu kapal daya angkutnya muat 12 orang,” ujarnya.

Menurutnya, dengan menumpangi boat ikannya dan rekan sejawat, warga terlihat gembira, dan kebanyakan dari mereka terlihat berfoto bersama dan juga swafoto atau selfi.

“Rata-rata penghasilan satu boat mencapai Rp1,5 juta dengan durasi kerja 12 jam. Tapi itu masih pendapatan kotor,” ungkapnya.

Dilanjutkannya lagi, setelah dikeluarkan biaya BBM, sewa pelampung, sisanya kemudian dia bagi bersama enam kawan lainnya. “Ya Alhamdulillah, setidaknya ada penghasilan tambahan,” tukasnya.

Shares: