News

Nek Salamah Hidup Sebatang Kara di Usia Senja

(ist)

ABDYA (popularitas.com) – Dua hari sudah masyarakat relawan Indonesia (MRI) Abdya – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh membagikan paket pangan untuk kaum duafa.

Ada suasana yang beda ketika relawan mendistribusikan sedekah pangan Ramadhan kepada nek Salamah (80) di Alue Pisang, Kuala Batee, Abdya, Jumat, 15 Mei 2020. Rumah nek Salamah agak susah dicari para relawan.

Relawan yang sebelumnya datang menggunakan mobil berisi paket pangan, terpaksa meminjam sepeda motor warga di sana agar lebih mudah menjangkau area mencari rumah nek Salamah.

Saat tiba dirumah nek Salamah, para relawan terdiam saling menatap satu dan lainnya, prihatin melihat tempat tinggal nek Salamah. Hanya ruangan 4 x 3 meter berdinding dan berlantai papan.

Tidak ada persediaan air minum di tempat tinggalnya. Para relawan pun berinisiatif mengambil air sebagai persedian untuk nek Salamah.

Kondisinya sedang sakit-sakitan seorang diri. Ia sampai usia senjanya tidak dikarunia anak. Berdasarkan informasi dari tetangganya, nek Salamah menggantungkan hidupnya dari keponakannya yang setiap hari mengantarkannya makanan.

Ia tidak ingin pindah dari rumah peninggalan almarhum suaminya meskipun sudah diajak pindah oleh sanak saudaranya.

Ketua MRI Abdya – ACT Aceh Suherman menuturkan, paket tersebut dikumpulkan relawan dari para dermawan selama 13 hari. Setiap penerima manfaat menerima paket berisi beras, minyak goreng, telur, sirup, biskuit, teh celup, dan uang tunai.

“Kita sangat bersyukur, di tengah kondisi sulit akibat covid-19, masyarakat sangat antusias mendermakan hartanya di bulan berkah ini,” terangnya.

Ia menjelaskan, kondisi nek Salamiah hanyalah satu dari sekian kisah sedih yang dialami masyarakat. Masih banyak kisah-kisah lainnya mungkin belum terungkap ke public. Harapannya, melalui kedermawanan masyarakat yang disalurkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT), semakin banyak saudara-saudara kita ikut terbantu ekonominya.

“Mari manfaatkan momentum Ramadhan, tinggal beberapa hari, maksimalkan ibadah, salah satunya dengan sedekah,” ungkapnya. (dani/ril)

Shares: