News

Nakes di Abdya Pingsan Usai Divaksin

Simulasi vaksinasi. (Popularitas/Rizkita)

POPULARITAS.COM Sejumlah tenaga kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh mengalami gejala mual, muntah hingga ada yang pingsan usai vaksinasi di rumah sakit tersebut.

Informasi adanya tenaga kesehatan yang mengalami pingsan usai divaksin juga dibenarkan oleh Direktur RSUTP Aceh Barat Daya, Ismail Muhammad. Kata dia, kebanyakan tenaga kesehatan sebelum divaksin banyak yang takut sehingga mengganggu psikis mereka.

“Ada timbul efek samping seperti psikis akibat ketakutan dan mual-mual bahkan sampai ada yang muntah,” kata Ismail saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Menurutnya tenaga kesehatan yang pingsan usai divaksin sempat dirawat ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit itu. Padahal, sebelum dilakukan vaksinasi nakes tersebut sudah dilakukan screening.

Ismail menduga, banyak yang pingsan dikarenakan para tenaga medis itu kelelahan akibat pekerjaan, sehingga mereka menjadi lemah.

“Dari hasil screening bisa divaksin. Tapi apabila psikis tenaga kesehatan lemah bisa jadi itu menjadi pemicu mereka mengalami pingsan, ditambah lagi mungkin mereka terlalu lelah masuk piket,” ucapnya.

Sejauh ini ia belum mengetahui jumlah pasti berapa orang tenaga kesehatan di rumah sakit pelat merah itu yang terkena gejala usai divaksin. Sebab hingga hari ini vaksinasi terhadap tenaga medis masih berlangsung.

“Tapi kalau dari pertama divaksin sampai kemarin jumlahnya 6 orang nakes yang jatuh pingsan,” katanya.

Shares: