Museum Tsunami Gelar Pameran Kontemporer

POPULARITAS.COM – Museum Tsunami Aceh menggelar pameran kontemporer dalam rangka memperingati 13 tahun tragedi gempa dan tsunami di Aceh. Selama pameran, Museum Tsunami akan buka pada malam hari hingga tanggal 26 Desember 2017.

Pameran kontemporer ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Reza Fahlevi, Sabtu malam (23/12/2017) di Museum Tsunami. Pameran ini dengan tema The Light of Life akan memamerkan beragam foto dan juga barang-barang peninggalan tsunami di Aceh.

Kadisbudpar Aceh, Reza Fahlevi mengatakan, banyak pelajaran yang bisa diambil tragedi gempa dan tsunami 13 tahun silam. Bencana itu telah mengajarkan seluruh rakyat Aceh belajar tentang bencana alam, mitigasi dan pengelolaan paska bencana.

“Banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik saat tsunami terjadi dulu. Pameran ini momentum untuk kita bergerak dan bangkit yang lebih baik. Banyak negara yang membantu kita membangun kemitraan dengan seluruh komunitas internasional,” kata Reza Fahlezi.

Katanya, Museum Tsunami selain tempat wisata dan juga bisa dijadikan tempat riset dan tempat mitigasi bencana tsunami. Maka penting melakukan langkah-langkah strategis meningkatkan fungsi museum.

“Saya mengajak semua untuk memperkaya kontens museum ini. Kami semua menerima semua kontribusi apapun yang membawa dampak positif tentang mitigasi kebencanaan,” jelasnya.

Selain itu, Reza juga menyebutkan konten dalam museum ini masih minim. Maka penting untuk secara bersama-sama mengisi kontens museum. Tidak hanya tentang gempa dan tsunami, Reza juga menyebutkan keberadaan museum tsunami juga memiliki kaitan dengan perdamaian.

“Kita masih sangat membutuhkan untuk merevitalisasikan museum ini. Termasuk menambah koleksi, baik itu tentang gempa dan stunami, juga tentang perdamaian, karena museum ini juga terkait dengan perdamaian,” tukasnya.[acl]

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.