HukumNews

Musbagh Ni’am Ditunjuk Jadi Kapolres Pertama Pidie Jaya

Ilustrasi Polri (IDN Times)

MEUREUDU (popularitas.com) – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Azis menunjuk dan mengangkat AKBP Musbagh Ni’am sebagai Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pidie Jaya. Penunjukan Kapolres Pidie Jaya tersebut dituang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/3234/XII/KEP/2019 tertangal 6 Desember 2019.

Sebelum diangkat sebagai Kapolres Pidie Jaya, AKBP Musbagh Ni’am diketahui menjabat sebagai Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Aceh.

Musbagh Ni’am menjadi Kapolres pertama di Resort Pidie Jaya yang akan memiliki markas sendiri pada 2020 mendatang. Selama ini, wilayah hukum Pidie Jaya berada di bawah Polres Pidie.

Pihak Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya mendukung adanya pendirian Mapolres tersendiri untuk daerah tersebut. Dukungan ini belakangan dibuktikan dengan plot duit sebesar Rp5 miliar dari APBK Pidie Jaya untuk pembangunan tahap pertama gedung Mapolres. Nantinya bangunan tersebut dihibahkan kepada Mabes Polri pada tahun 2020 agar menjadi aset pihak penegak hukum di Pidie Jaya. Untuk sementara, jajaran Polres Pidie Jaya akan bertugas di Mapolsek Trienggadeng hingga pembangunan gedung baru tersebut selesai.

Peningkatan tipe dan pembentukan Polres baru Pidie Jaya tersebut juga telah mendapat persetujuan dari Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) beberapa waktu lalu. Persetujuan tersebut berdasarkan surat dari Kemenpan RB dengan nomor B/ 849/M.KT.01/2019, bertanggal 18 September 2019 yang dikirim ke Polri, dan tembusannya disampaikan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara, dan Direktur Jenderal anggaran kementerian keuangan. Selain Polres Pidie Jaya, Kemenpan RB juga menyetujui pembentukan Polres Subulussalam untuk wilayah Polda Aceh. (C-005)

Shares: