Muara Sungai di Meulaboh Dikeruk Untuk Tangani Genangan Banjir

POPULARITAS.COM – Petugas pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat mengerahkan satu unit alat berat ke muara sungai di Desa Ujong Kalak, Meulaboh, sebagai upaya mengatasi genangan banjir yang melanda daerah itu.

“Pengerukan muara sungai ini dilakukan sebagai upaya melancarkan aliran air dari daratan ke laut lepas,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Mashuri seperti dilansir laman Antara, Sabtu (2/10/2021).

Ia mengatakan pengerukan muara di Kecamatan Johan Pahlawan tersebut harus dilakukan, sehingga diharapkan genangan air yang merendam ratusan rumah di sejumlah daerah dapat teratasi.

Desa-desa yang terendam banjir sepanjang Jumat itu, di antaranya Suak Ribee, Seuneubok, Kuta Padang, Ujong Baroh serta Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Mashuri mengatakan setelah dilakukan pengerukan muara oleh BPBD Aceh Barat, sebagian besar genangan air yang merendam permukiman warga di daerah itu berangsur-angsur surut.

Upaya pengerukan muara sungai tersebut dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat Mukhtaruddin didukung sejumlah petugas.

“Selain di permukiman warga, genangan air di sejumlah ruas jalan protokol di Meulaboh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat, juga sudah berangsur surut,” kata Mashuri.

Meski sudah mulai surut, BPBD Aceh Barat mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan karena BMKG memprediksi beberapa hari ke depan, curah hujan di wilayah Aceh masih tinggi.

Comments
Loading...