News

MTs Tgk Chik Pante Kulu terima izin operasional dari Kemenag

MTs Teungku Chik Pante Kulu mendapat izin operasional dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Piagam pendirian madrasah tersebut tertuang dalam surat nomor 606 tahun 2021 ditandatangani Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal pada 21 Desember 2021.
Gedung Kantor Kemenag Aceh. (PM/Oviyandi Emnur)

POPULARITAS.COM – Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Teungku Chik Pante Kulu mendapat izin operasional dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Piagam pendirian madrasah tersebut tertuang dalam surat nomor 606 tahun 2021 ditandatangani Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal pada 21 Desember 2021.

Sekretaris Yayasan Teungku Chik Pante Kulu, Irfan Syahputra menyambut dengan sukacita dan bersyukur atas terbitnya izin operasional tersebut. Menurutnya, selama ini perihal tersebut sangat mereka nanti nantikan, dan menjadi kado terindah di penghujung tahun 2021 bagi keluarga Dayah Tgk Chik Pante Kulu Aceh Besar.

“Terima kasih kepada seluruh Tim Dayah Modern Tgk. Chiek Pante Kulu, yang telah mempersiapkan dokumen untuk pengurusan izin serta menyambut Tim Observasi dari Kemenag Aceh Besar dan Kanwil Kemenag Aceh, hasil ini berkat bkerja keras, kerjasama kita dan dukungan banyak pihak,” ujarnya dalam keterangan, Jumat (31/12/2021).

“Semoga ini menjadi langkah awal untuk menatap masa depan Dayah Modern Tgk. Chik Pante Kulu. Insya Allah anak anak kita bisa mendapatkan Ijazah Resmi seperti Sekolah Negeri Lainnya,” tambahnya.

Dia berharap dengan terbitnya izin operasional ini menjadi motivasi bagi segenap pengurus Dayah dan dewan guru dalam membimbing dan mendidik para santri.

“Tak terasa Dayah Modern Terpadu Teungku Chiek Pante Kulu sudah hampir memasuki tahun kedua. Meski baru, Alhamdulillah syukur kami dalam meniti Dayah tercinta ini,  perkembangan santri tahun pertama ini menjadi motivasi untuk generasi berikutnya, terimakasih untuk semua guru,” kata Irfan.

Seperti diketahui, dayah ini di bawah Yayasan Teungku Chiek Pante Kulu, berdiri pada tahun 2020 di lahan seluas dua hektar di dalam komplek Yayasan Chiek Pante Kulu yang bertempat di Desa Barabung, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar.

Untuk pembelajaran di dayah ini, memadukan antara kurikulum salafi dan modern. Para santri tidak hanya diajarkan kitab kuning, namun juga dituntut menguasai bahasa Arab dan Inggris, tahfiz 30 juz, sains dan berbagai cabang keilmuan lainnya.

Sedangkan guru-guru yang mengajar di dayah ini merupakan lulusan S1 dan S3 dari universitas ternama dalam negeri maupun luar negeri, berbagai dayah serta pengasuh tahfiz yang memiliki sanad hingga Rasulullah.

Para santri diwajibkan menetap di dayah untuk mengikuti proses pembelajaran. Dayah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para santri seperti asrama dua lantai, mushalla dan dua ruang kelas.

Dayah ini didirikan sebagai cikal bakal lahirnya dayah manyang sebagaimana cita-cita pendiri Darussalam, yaitu  lahirnya segita ilmu pengetahuan di Darussalam yaitu Universitas Syiah Kuala, IAIN Ar-Raniry yang sekarang menjadi UIN dan Dayah Manyang Chiek Pante Kulu. Semoga kita semuaa dapat mewujudkan cita-cita mulia ini.

Tahun ini Dayah Terpadu Tgk. Chik Pante Kulu  kembali membuka penerimaan santri perdana tingkat MTs dan MA plus ketrampilan tahun ajaran 2022-2023.

Shares: