News

Mortir Diduga Peninggalan Jepang Ditemukan di Gampong Jawa

Mortir yang ditemukan di Gampong Jawa di evakuasi. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Tim Jihandak Paldam IM dan Personel Polresta Banda Aceh mengevakuasi sebuah mortal yang diduga bekas peninggalan masa perang Jepang, di tambak jalan tanggul, Lorong 4 Gampong Jawa, Banda Aceh, Senin, 17 Februari 2020.

Kapolsek Kutaraja AKP Firmansyah, mengatakan penemuan mortir diperkirakan bom peninggalan jaman Jepang dengan ukuran panjang 30 cm dan diameter 10 cm.

“Penemuan mortir tersebut pertama sekali oleh Jalalul Sayuti (36), Operator Excavator yang sedang melakukan pengerukan tambak milik Faisal (38) di Gampong Jawa. Pada saat pengerukan, tiba- tiba terlihat suatu benda yang diduga bom oleh operator excavator, dan selanjutnya operator excavator memanggil salah seorang pekerja di tambak tersebut bernama Ramadhan dan mengangkat ke tanggul samping pondok tambak tersebut,” kata Kapolsek.

Kemudian, lanjut Kapolsek, Ramadhan menghubungi Faisal sebagai pemilik tambak, bahwa ditambak miliknya yang sedang dilakukan pengerukan, ditemukan benda yang diduga berbahaya. Faisal melaporkan keperangkat gampong dan aparat kepolisian.

Mortir tersebut selanjutnya di evakuasi oleh Personel Paldam IM yang di pimpin langsung oleh Mayor Chairul Huda, dan dibawa ke Paldam IM untuk dilakukan disposal. (DRA)

Shares: