Misa Natal di Aceh Berjalan Khitmad

POPULARITAS.COM – Umat Kristiani di Serambi Mekkah berduyun-duyun menuju Geraja melaksanakan Misa Natal, Minggu malam (24/12/2017). Mereka sedang bersuka cita merayakan Natal tahun 2017 di Gereja Katolik Hati Kudus, Banda Aceh.

Ratusan jamaah sudah memadati Geraja dan duduk rapi mengikuti Natal yang dipimpin oleh Pastur Hermanus Sahar. Semua jamaah khitmat larut dalam doa. Selesai beribadah, sesama jamaah saling berangkulan dan bahkan ada yang meneteskan air mata.

Anak-anak pun terlihat ceria di pelataran parkir Gereja. Mereka saling bercanda, berlari dan saling kejar penuh keceriaan. Semua larut dalam kegembiraan menyambut hari lahirnya juru penyelamat bagi umat Kristiani.

Sejak sore Gereja Katolik Hati Kudus sudah mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan Brimob. Bahkan tadi sore, untuk memastikan keamanan agar ibadah Natal berjalan baik, anggota Jibom Gegana Polda Aceh menyisir ke seluruh geraja.

Tindakan sterilisasi ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya aksi yang tak diinginkan. Kendati demikian, hingga ibadah Minsa selesai, semua berjalan lancar, aman dan terkendali.

Selama ibadah berlangsung, puluhan personel kepolisian, Brimob dan juga anggota TNI berjaga-jaga di lokasi gereja tersebut. Bahkan petugas mendirikan satu pos khusus pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018. Pengamanan ini bahkan dipimpin langsung oleh Kapolresta Banda Aceh dan Kombes Pol T Saladin dan Wakasubden Gegana Brimob Polda Aceh, Iptu M Rizaldi.

“Natal kali ini sungguh membawa suka cita dan membawa damai setiap orang yang merayakan, terutama umat Katolik di Banda Aceh,” kata Pastur Hermanus Sahar, Minggu malam (24/12/2017) di Banda Aceh.

Katanya, pesan penting bahwa umat sungguh-sungguh mengalami kedamaian dan bersuka cita dengan kelahiran Yesus Kristus.

Pastur Hermanus Sahar juga memuji tingkat toleransi di Aceh berjalan dengan baik. Semua umat Kristiani di Banda Aceh bisa menjalankan ibadah dengan nyaman tanpa ada gangguan apapun.

“Berjalan dengan baik, mulai dari sore sampai sekarang, kami boleh merayakan hari raya Natal ini dengan cukup bagus,” tegasnya.

Seorang jamaah yang mengikuti Misa Natal di Gereka Katolik Hati Kudus, Feronika Erika Halawa (23) mengapreasiasi tingkat toleransi di Banda Aceh. Dia yang baru saja sampai di Banda Aceh malam kemarin mengaku bisa menjalankan ibadah Misa Natal dengan baik.

“Orang di Banda Aceh sangat baik, sangat akrab, saling menghargai, buktinya kami bisa menjalan ibadah dengan nyaman,” jelas Feronika Erika Halawa.

Erika mengaku berasal dari Sibolga, Sumatera Utara hendak berlibur di Banda Aceh dan bertepatan dengan Misa Natal, sehingga ia beribadah di Banda Aceh. Selama ini di Banda Aceh, Erika menemukan sesuatu kondisi sosial yang baik dan tingkat toleransi tinggi.

“Setelah ini bersama Pastur saya juga akan berkunjung ke Sabang, hendak berkunjuang jamaah yang ada di sana sambil berlibur,” jelasnya.[acl]

Penulis : Afifuddin Acal

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.