News

Minum Kopi Saat Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi.

POPULARITAS.COM – Anda yang sedang menjalankan program diet mungkin bakal sangat selektif memilih menu sarapan. Pasalnya, sarapan ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.

Dengan sarapan, tubuh mendapatkan energi untuk beraktivitas hingga jam makan siang. Anda tak perlu makan cemilan yang mempengaruhi program diet Anda.
Salah satu menu yang bisa ditambahkan dalam sarapan adalah kopi.

Banyak orang tidak menyadari manfaat dari minum kopi. Padahal minuman dengan aroma yang khas ini juga memiliki sisi baik untuk kesehatan. Apalagi kalau diminum pagi hari.

Kopi dapat meningkatkan adrenalin sehingga Anda akan semangat menjalani hari. Kopi juga meningkatkan mood, menurunkan risiko demensia, hingga membantu program diet.

Dokter Bob Arnot dalam bukunya The Coffee Lover’s Diet mempopulerkan diet kopi. Melansir Healthline, minum kopi beberapa kali sehari dapat meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak lemak, memblokir penyerapan kalori, hingga menurunkan nafsu makan.

Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang disebut polifenol. Antioksidan ini memiliki manfaat mengurangi peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, kopi terbukti dapat menekan nafsu makan sehingga membantu Anda mengurangi asupan kalori harian. Minum kopi sesaat sebelum makan dapat menurunkan tingkat lapar dan membuat Anda makan lebih sedikit, artinya kalori yang masuk tubuh juga lebih sedikit.

Tapi bukan berarti Anda hanya sarapan dengan minum kopi agar berat badan tak naik. Anda juga harus mengkonsumsi makanan sehat lainnya saat sarapan bersama dengan kopi.

Selain itu, pastikan tidak menggunakan gula tambahan atau krimer pada kopi. Kolaborasi dua bahan ini akan membuat kandungan kopi menjadi tinggi gula.

Tak disarankan bagi orang insomnia

Anda mungkin idealnya minum kopi setelah sarapan atau dibarengi dengan makan pagi. Sebabnya, beberapa orang yang punya kesulitan tidur di malam hari tak disarankan minum kopi di pagi hari karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

Profesor Fisiologi Metabolik di Universitas Bath, James Betts mengatakan, orang dengan gangguan tidur sebaiknya minum kopi setelah sarapan. Pastikan sarapan Anda juga rendah gula sehingga tak membuat kadar glukosa darah naik.

“Kita bisa memperbaiki kontrol gula darah yang terganggu dengan makan dulu kemudian minum kopi,” kata Bath, dilansir Eat This, Not That!

Jika Anda kesulitan untuk tidur di malam hari, sebaiknya menghindari minum kopi dekat waktu tidur. Minum kopi yang disarankan adalah pagi hari setelah sarapan.

Sumber: CNN

Shares: