EkonomiNews

Meskipun Corona, Distanbun Aceh Tetap Gelar Pasar Tani

Meskipun Corona, Distanbun Aceh Tetap Gelar Pasar Tani
Suasana Pasar Tani di kawasan Lampineung, Kota Banda Aceh, Rabu, 8 April 2020. (Foto: popularitas/Muhammad Fadhil)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Meski sedang dilanda wabah virus corona atau Covid-19, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh tetap menggelar Pasar Tani di kawasan Lampineung, Kota Banda Aceh, Rabu, 8 April 2020.

Amatan popularitas.com, Pasar Tani tetap disesaki pengunjung meski kondisi sedang wabah corona. Kali ini, pelaksaan pasar tadi berbeda dari sebelumnya.

Setiap pengunjung yang masuk tampak diwajibkan untuk memakai masker, sementara bagi yang tak memilikinya tidak diberi izin masuk. Selain wajib memakai masker, pengunjung juga diperiksa suhu tubuh.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, A. Hanan mengatakan, aturan wajib menggunakan masker dan ukur suhu tubuh adalah upaya untuk pencegahan virus corona.

“Pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi darurat Covid-19, setiap yang masuk di depan itu diwajibkan menggunakan masker, dan diukur suhu setiap masuk, mereka wajib cuci tangan,” kata Hanan.

Meski demikian, kesadaran pengunjung dalam menerapkan physical distancing atau jaga jarak terlihat masih minim. Mereka masih bebas bergerak ke mana-mana, tanpa memperhatikan jarak satu meter.

“Sebenarnya harus jaga jarak, dan sudah berjalan dengan baik. Tetapi perlu kesadaran dari masyarakat saat melakukan belanja. Kekurangan-kekurangan kali ini dalam hal ini menjaga jarak, kita berharap ke depan labih baik,” jelas Hanan.

Dalam kesempatan itu, Hanan juga menjelaskan, Pasar Tani digelar karena melihat kondisi masyarakat yang mengaku sulit mendapat sayur mayur yang segar. Selain itu, ini juga dalam menyongsong meugang Ramadan tahun ini.

“Ini juga menjalankan surat Plt Gubernur, pasar harus hidup dan dijalankan sesuai dengan kondisi darurat Covid-19, bulan ini kita gelar 3 kali setia rabu,” pungkasnya. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: