Menteri Pariwisata puji wisata Gampong Ulee Lheu

POPULARITAS.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, puji keindahan alam gampong Ulee Lheu di Banda Aceh. Hal tersebut disampaikannya saat berkunjung ke kawasan tersebut, Kamis (4/8/2022).

Didampingin anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal, Menparekraf RI itu, bahkan sempat mencoba sejumlah kegiatan wisata di daerah itu, seperti tarek pukat, dan berjalan di sepanjang Pantai Gampong Ulee Lheue.

Dalam kunjungan itu, Sandiaga Uno soroti cepatnya kebangkita wisata Gampong Ulee Lheu yang sempat hancur akibat tsunami 2004.

“Kebangkitan wisata Gampong Ulee Lheu ini layak di puji,” ujarnya.

Apalagi kemudian, katanya Menparekraf lagi, Gampong Wisata Ulee Lheu Banda Aceh ini menjadi salah satu desa yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. “Luar biasa potensi wisata di sini, selain di tunjang panorama alam, juga ada wisata religinya,” ucapnya Sandi Uno.

Saat di Gampong Ulee Lheu, Sandi bahkan memilih naik becak atau kenderaan roda tiga berkeliling Ulee Lheu, kemudian singah di Masjid Baiturrahim, dan mendokumentasikan peristiwa tsunami yang tersimpan di rumah ibadah itu.

Sandi melanjutkan, Gampong Ulee berhasil mengintegrasikan wisata berbasis syariah, sejarah, dan alam pantainya yang luar biasa. Ia berharap, keberhasilan itu dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan, dan dan bangkitnya ekonomi produktif di kawasan tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal,
serta Pj Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq, saat tarik pukat di Gampong Ulee Lheu Banda Aceh.
Tarik pukat merupakan salah satu sektor kepariwisataan yang dikembangkan di gampong tersebut

Sandiaga mengatakan pengembangan desa wisata menjadi lokomotif dalam menjaga momentum kebangkitan ekonomi pascapandemi. Hal ini, menurutnya dibuktikan dari big data yang diterima Menparekraf bahwa dengan adanya desa wisata, peningkatan ekonomi masyarakat naik hingga 30 persen. 

Ia berpesan agar pihak terkait, baik itu pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesadaran wisata masyarakat Ulee Lheue. 

“Pola pelatihan pendampingan itu harus diperkuat agar marketing bisa berjalan. Saya harap usai visitasi ini bagaimana kelanjutannya? Apakah (peningkatan ekonomi warga) bisa naik 35 persen? Ini yang harus kita kawal dan kita perjuangkan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq berharap agar Menteri Sandiaga Uno bisa memberikan dukungan dengan mempromosikan wisata Banda Aceh hingga ke luar negeri.

“Ini sebuah kebanggan bagi kami, banyak manfaat saat pak menteri berkunjung ke sini, dan kami minta diberikan dukungan. Kami mohon bapak menteri agar tetap mempromosikan wisata Banda Aceh,” ujar Bakri.

Dukung Desa Wisata Ulee Lheue

Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal mengucapkan selamat kepada Desa Wisata Ulee Lheue yang berhasil masuk 50 besar ADWI 2022. 

Ia berpesan kepada warga agar memaksimalkan potensi sumber daya alam dan ekonomi kreatif yang dimiliki, dengan terus melakukan inovasi melalui berbagai macam produk wisata.

“Selamat kepada Desa Wisata Ulee Lheue sudah masuk 50 besar. Semoga bisa menang seperti Gampong Nusa tahun lalu,” ucap Almuniza di Ulee Lheue, Banda Aceh.

Almuniza mengajak warga bisa terus berkolaborasi dan berinovasi dalam mengembangkan potensi desanya.

Pemerintah Aceh, kata Almuniza, akan terus memberikan pendampingan dalam mengembangkan potensi Desa Wisata Ulee Lheue guna menjadi destinasi wisata unggulan.

“Pemerintah Aceh selalu mendukung Gampong Wisata Ulee Lheue untuk terus berinovasi menjadi desa wisata terbaik, sehingga mampu membangkitkan sektor perekonomian warga dan UMKM,” pungkasnya. 

Dalam kunjungan itu turut dihadiri oleh Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Reza Fahlevi, Kasdam IM, sejumlah unsur Forkopimda Banda Aceh, perwakilan Astra, unsur Panglima Laot, Pokdarwis, hingga perangkat Desa Ulee Lheue.

Comments
Loading...