Menteri Koperasi dan UKM tanam pisang Cavendish di Aceh

POPULARITAS.COM – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melakukan tanam perdana pisang cavendish pola kemitraan di Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

“Target pemerintah pusat, pisang cavendish ini menjadi komoditi yang akan dipasarkan ke Timur Tengah, sehingga penanaman secara massal perlu dilakukan guna mencapai target dimaksud,” kata Teten Masduki kepada Antara.

Teten melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bener Meriah dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Dia berjanji akan memperkuat koperasi dan UKM di daerah itu, khususnya untuk produk unggulan kopi arabica Gayo dan pisang cavendish.

Wakil Bupati Bener Meriah Dailami mengatakan pengembangan tanaman pisang cavendish ini dilakukan di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah.

Kemitraan yang terjalin kata dia adalah dengan PT Great Giant Pineapple (GGP) untuk pemasaran ekspor hasil panen ke wilayah Timur Tengah.

“Harapan kami kepada Bapak Menteri, semoga penanaman pisang cavendish dengan pola kemitraan ini dapat dikembangkan seluas-luasnya di Bener Meriah,” kata Dailami.

Dia menuturkan Pemkab Bener Meriah telah menyediakan lahan seluas kurang lebih 300 hektare.

Karena itu Dailami berharap adanya bantuan modal usaha bagi masyarakat melalui pembinaan terhadap koperasi dan UKM di daerah itu.

“Tentunya ada keterbatasan pemerintah daerah dan keterbatasan modal di masyarakat, sehingga perlu bantuan oleh Bapak Menteri dalam pengembangannya dan akses modal melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LBDP), Bank BSI, dan lembaga keuangan lainnya,” harap Dailami.

Comments
Loading...