News

Menteri Agama Diminta Tambah Ma’had Aly di Aceh

Menteri Agama, Fachrul Razi. Foto | Popularitas.com

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kakanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh meminta Menteri Agama Fachrul Razi untuk menambah jumlah Ma’had Aly di provinsi tersebut.

Saat ini, kata Daud Pakeh, total ada lima Ma’had Aly di Tanah Rencong. Jumlah itu berasal dari total 48 Ma’had Aly di seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan jumlah tersebut dapat bertambah,” kata Daud Pakeh di hadapan Menag Fachrul Razi, Minggu, 17 November 2019 malam.

Daud Pakeh menjelaskan, lima Ma’had Aly yang dimiliki Aceh saat ini yaitu Mudi Mesra Samalanga, Darul Munawwarah Kuta Krueng, Malikussaleh Panton Labu, Babussalam Al Hanafiyyah dan Darul Ma’arif Cot Trueng.

Ia berharap, ke depan jumlah Ma’had Aly terus bertambah, khususnya di barat selatan Aceh. Sebab, dayah dan santri memiliki peran stategis dalam membela negara dan melawan radikalisme.

“Dayah dan santri juga memiliki peran dalam melawan narkoba dan santri sebagai benteng pendidikan karakter,” jelasnya.

Di hadapan Menag Fachrul Razi, Daud Pakeh juga menyampaikan bahwa provinsi Aceh menjadi salah satu daerah sangat toleransi di Indonesia. Hal itu bisa dibuktikan dengan raihan peringkat satu Harmony Award tingkat nasional tahun 2018.

“Yang terakhir, perlu kami laporkan bahwa kondisi kerukukan umar beragama di Aceh sangat baik dan kondusif. Alhamdulillah tahun 2018, kita, Aceh meraih peringkat satu Harmony Award tingkat nasional,” kata dia.* (C-008)

Shares: