News

Mentan inginkan petani padi di Aceh bisa panen empat kali setahun

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menginginkan agar petani di Provinsi Aceh bisa melakukan panen padi hingga empat kali dalam setahun, dalam upaya mempercepat kemajuan Aceh di sektor pertanian.
Kementrian Pertanian RI bantu Aceh Rp82,6 miliar
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menghadiri Gerakan Panen Padi di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (4/3/2022). (ANTARA/Khalis Surry)

POPULARITAS.COM – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menginginkan agar petani di Provinsi Aceh bisa melakukan panen padi hingga empat kali dalam setahun, dalam upaya mempercepat kemajuan Aceh di sektor pertanian.

“Tanah ini kurang lebih dua kali panen dalam setahun. Saya sepakat dengan bapak gubernur untuk meningkatkan minimal tiga kali sampai empat kali panen,” kata Syahrul saat menghadiri Gerakan Panen Padi di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (4/3/2022).

Saat kunjungan kerja ke Aceh, Mentan Syahrul juga menyalurkan bantuan dari program Kementerian Pertanian RI untuk Provinsi Aceh yang mencapai Rp82,6 miliar.

Mentan Syharul ke provinsi paling barat Indonesia itu untuk stimulus program yang diakselerasi dengan tujuan agar lahan mampu terintegrasi, terkorporasi dengan kuat sehingga produktifitas bisa terkontrol dengan baik.

“Kita berharap hasil yang ada di sini bisa meningkat, produktivitasnya juga makin baik, tetapi hasil bagi rakyat bagi petani bisa terpradiksi dengan kuat, bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak,” katanya.

Tentunya, kata Syahrul, upaya meningkatkan produksi panen padi petani di daerah Tanah Rencong itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Program ini harus terkonsep, terkorporasi, kelembagaan petani harus aktif serta rutin melakukan pelatihan teknis.

Bahkan, Mentan juga menjamin penggunaan dana perbankan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani dalam membangun usaha pertanian.

“Sehingga budidayanya bisa lebih baik, efektif, bahkan tidak hanya itu, saya sepakat untuk menjamin menggunakan dana perbankan,” kata Syahrul.

Menurut Syahrul, pertanian adalah berskala ekonomi, sehingga semua hal dapat dihitung, mulai dari budidaya, hasil produksi pasca panen, serta target pasarnya.] “Ini akan membuat Aceh bisa lebih cepat (maju) di bidang sektor pertanian,” katanya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: