HeadlineNews

Mensos Ingatkan Pemerintah Daerah Data Bansos Tuntas 1 Januari 2021

Mensos Risma Larang Keras Penerima Bansos Beli Rokok
Mensos Risma

POPULARITAS.COM – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini mengingatkan Pemerintah Daerah agar menuntaskan pendataan data penerima Bantuan Sosial (Bansos) dan Program Keluarga Harapan (PKH) 1 Januari 2021.

Menurut Risma, seluruh pendataan sekarang sudah hampir kelar, karena semua proses tersebut sudah diserahkan kepada Pemerintah Daerah untuk mendata ulang kembali.

“Harus kembali ke pusat tanggal 1 Januari 2021, ini sesuai intsruksi presiden minggu pertama Januari sudah bisa diberikan pada penerima,” kata Tri Rismaharini, Senin (29/12/2020) dalam konferensi pers disiarkan langsung Youtube sekretariat presiden.

Sedangkan untuk distribusi, Risma memastikan baik Bansos maupun PKH tidak lagi disalurkan secara tunai. Tetapi melalui transfer bank atau PT POS. “Ada perbedaan untuk Papua, itu mekanisme berbeda,” jelas Risma.

Mensos mengungkapkan, Bansos 2021 mendatang dialokasikan untuk 10 juta lebih dengan nominal Rp 300 ribu – hanya diberikan per bulan dari Januari hingga April. Sedangkan untuk PKH ada 10 juta lebih yang diberikan selama satu tahun, berbeda dengan Bansos.

Risma ingatkan bagi penerima PKH agar mempergunakan bantuan ini untuk ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, lansia. Bantuan tersebut diberikan setiap tiga bulan sekali selama satu tahun.

“Ini juga tidak untuk dibeli rokok. Kalau itu terjadi akan kami evaluasi bagi penerima bantuan. Jangan sampai ada masalah karena ada rokok seperti sakit,” tegasnya lagi.[]

Shares: