Menperin: KEK Arun untuk Revitalisasi Industri Aceh

POPULARITAS.COM – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun untuk revitalisasi atau menghidupkan kembali sektor industri di Provinsi Aceh.

“KEK tersebut untuk revitalisasi atau menghidupkan kawasan industri. Dengan harapan, keberadaan KEK bisa mendorong industri tumbuh kembali,” kata Menperin Airlangga Hartarto di Banda Aceh, Minggu (25/2/2018) seperti dilansir Antara Aceh.

Dulunya, Kawasan Arun dulunya merupakan kawasan industri yang tergantung dengan bahan bakar gas. Namun, karena gas Arun tidak berproduksi lagi, banyak industri di kawasan itu mati.

“Kita ketahui, industri di kawasan Arun sekarang ini kekurangan gas. Kekurangan ini sedang diupayakan agar industri yang ada bisa hidup kembali,” kata Airlangga Hartarto menyebutkan.

Menurut Airlangga yang juga Ketum Partai Golkar, pemerintah terus berupaya memfasilitasi dan memudahkan pasokan gas ke Kawasan Ekonomi Khusus Arun guna menumbuhkan kembali sektor industri di tempat itu.

“Kunci utama memajukan KEK tentu tidak terlepas dari bahan baku, yakni gas. Di sinilah pemerintah memfasilitasi gas agar masuk KEK, tentunya dengan harga bersaing,” kata dia.

Terkait belum adanya kejelasan masalah KEK antara pemerintah pusat dengan Pemerintah Aceh, Menteri mengatakan, hal itu bisa dikomunikasikan nanti, sehingga ada kesepakatan para pihak.

“Tentunya ini akan dikomunikasikan antara pusat dengan daerah. Tapi, yang terpenting adalah infrastruktur maupun pendukungnya, termasuk ketersediaan gas tadi,” kata Airlangga Hartarto.[acl]

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.