News

Menpan RB Tegaskan Jangan Ada Pungli di Polresta Banda Aceh

Menpan RB Tjahjo Kumolo saat berkunjung ke Banda Aceh, beberapa waktu lalu. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB), Tjahjo Kumolo berkunjung ke Mapolresta Banda Aceh, Kamis (28/10/2021).

Dalam kunjungan itu, Tjahjo menegaskan jangan ada pungutan liar (pungli) di setiap instansi kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tidak ada pungli lagi di sini. Ini yang diinginkan jajaran kepolisian untuk meningkatkan pelayanan publik,” kata Tjahjo kepada wartawan.

Baca: Menpan RB Pantau Pelayanan Publik di Polresta Banda Aceh

Tjahjo berkunjung ke Mapolresta Banda Aceh untuk mengecek langsung pelayanan publik di instansi tersebut. Tjahjo menyebut, kunjungan ini secara tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

“Dua hari kunjungan kerja informal, kami tidak memberi tahu ke Bapak Kapolres, kami hanya ingin mengecek berkaitan dengan pelayanan publik di sini,” ucap Tjahjo.

Dalam kunjungan itu, Tjahjo juga menekankan agar pelayanan di instansi pemerintah, termasuk kepolisian agar cepat. Proses pembuatan SIM dan SKCK juga diharapkan jangan dipersulit.

“Jangan sampai proses yang tadi seperempat jam jadi satu jam, jadi satu hari, nggak ada, khususnya buat surat perlakuan baik, perpanjangan SIM, mencari SIM dan ada daftarnya yang harus bayar berapa,” jelas dia.

“Percepatan mendapatkan izin, percepatan diberikan layanan publik yang ada, semua; urus SIM, pajak, masuk rumah sakit, jangan ditanya dulu ini sakitnya apa, uangnya apa, periksa dulu lah. Ini lah yang diinginkan Pak Jokowi dalam konteks reformasi birokrasi,” pungkas Tjahjo.

Editor: dani

Shares: